msaceh

08 Okt

450 Orang Peserta Ujian CPNS Mahkamah Agung Tes Komputer di MS Aceh | (8/10)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI No. 4051/SEK/KU.01/10/2013 tanggal  2 Oktober 2013 tentang Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan CPNS di Lingkungan MA Tahun Anggaran 2013 bahwa pelamar yang mendaftar dan memilih tempat ujian pada MS Aceh yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan dapat mengikuti ujian tes komputer sebanyak 450 orang. Ujian tes komputer akan dilaksanakan hari Selasa s.d. Jum’at tanggal 8 s.d. 11 Oktober 2013 di MS Aceh. Pada waktu yang bersamaan diadakan juga ujian di PT Banda Aceh dengan jumlah peserta sebanyak 260 orang. Mereka akan memperebutkan formasi penerimaan CPNS sebanyak 24 orang untuk MS dan PT.

Peserta ujian tes komputer wajib membawa KTP, bukti pendaftaran online dan pas foto 4 x 6 dengan background warna merah sebanyak 2 lembar. Peserta pria memakai kemeja dan celana panjang sedangkan untuk wanita memakai blus dan rok panjang serta memakai sepatu. Peserta yang dinyatakan lulus ujian tes komputer akan langsung diberikan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) untuk mengikuti ujian tertulis Tes Kompetensi Dasar (TKP) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang akan dilaksanakan tanggal 3 November 2013. 

Menurut keterangan Ketua Tim dari MA Rudy Rahman Fransiwa, S. Kom bahwa ujian tes kumputer akan diikuti 130 peserta setiap hari. Ujian tersebut meliputi kemampuan menggunakan komputer atau laptop secara baik dan dapat mengetik sebagai modal dalam pelaksanaan tugas. Hal ini disebabkan karena peserta ujian adalah calon tenaga administrasi yang harus mampu menggunakan laptop dengan baik  “Peserta harus mampu menggunakan laptop karena CPNS ini adalah tenaga administrasi,” kata Rudy menjelaskan. Dijelaskannya lebih lanjut bahwa ujian tes komputer ini dilaksanakan di 13 pengadilan tingkat banding seluruh Indonesia dan waktu bersamaan.

Hakim Tinggi Abd. Hamid Pulungan (AHP) dalam kata sambutannya pada waktu membuka secara resmi ujian tersebut mengatakan bahwa ujian tes komputer adalah syarat mutlak bagi calon tenaga administrasi, oleh sebab itu hanya yang mampu menggunakan komputer yang akan dinyatakan lulus dalam ujian. AHP meminta peserta supaya tenang menghadapi ujian dan berdo’a kepada Allah Swt supaya lulus dalam ujian tersebut. “Kerjakan semua perintah penguji dengan baik dan berdo’a kepada Allah semoga semuanya lulus,” ujar AHP yang diamini peserta ujian.

Menurut pantauan, ujian tes komputer berjalan dengan baik. Penguji yang terdiri dari Tim Pusat maupun staf Subbag Kepegawaian MS Aceh serius dan dan sungguh-sungguh menguji setiap peserta. Dalam satu gelombang sebanyak 20 orang dan telah siap laptop di meja yang disediakan panitia. Masing-masing peserta waktu ujian selama 5 menit. Pada umumnya peserta telah dapat menggunakan komputer hanya saja karena sedang menghadapi ujian, ada juga peserta yang gemetar memegang laptop. “Biasa, karena ujian,” ujar Rudy Rahman mengomentari pelaksanaan ujian komputer tersebut.

Kita berharap peserta dapat melaksanakan ujian dengan tertib dan lancar dan semuanya lulus. Dan bagi peserta yang lulus akan diberikan Kartu Tanda Peserta Ujian untuk ikut ujian tertulis tanggal 3 Nopember 2013. Menurut penjelasan salah seorang anggota Tim Pusat Sudarna bahwa pada ujian tertulis yang akan datang akan diikuti juga pegawai honorer kategori II yang berjumlah 33 orang. Tenaga honorer ini tidak ikut ujian tes komputer tetapi langsung ikut ujian tertulis.

Selamat menempuh ujian semoga lulus dan bergabung dengan Mahkamah Agung.

(AHP)

Rate this item
(1 Vote)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019