msaceh

Naskah Akademis Program Diklat Serta Persyaratan Pelatihan Bagi Hakim Dan Tenaga Peradilan

Dilihat: 3978

Naskah Akademis Program Diklat Serta Persyaratan Pelatihan Bagi Hakim Dan Tenaga Peradilan

Judul : Naskah Akademis Program Diklat Serta Persyaratan Pelatihan Bagi Hakim Dan Tenaga Peradilan
Penerbit : Puslitbang Hukum dan Peradilan M.A R.I
Penyusun : Puslitbang Hukum dan Peradilan M.A R.I
Jumlah hlm : -
Tahun terbit : 2004


 Sinopsis :

Peradilan yang baik dan profesional bisa terwujud bila didukung oleh kemampuan sumber daya manusia yang bekerja di dalamnya yaitu hakim, panitera dan seluruh jajaran pengadilan. Mereka ini haruslah diarahkan untuk lebih profesional, memiliki integritas, kepribadian dan moral yang tinggi serta memahami, mendalami, dan menyadari apa yang menjadi kewajibannya. Untuk menciptakan aparat peradilan yang memiliki integritas, kemampuan tinggi serta profesional dibidangnya perlu dilakukan perbaikan-perbaikan khususnya yang menyangkut, pendidikan, pelatihan, dan tentu saja dilengkapi dengan suatu sistem pengawasan yang baik.

 

Pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan secara berkelanjutan merupakan tuntutan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas tinggi. Dan untuk mencapai hasil yang diinginkan perlu diselenggarakan pendidikan dan pelatihan yang profesional dan tepat sasaran, dan perlu dibuat kurikulum yang benar sebagai acuan dalam penyelenggaraan program-programnya.

Apalagi dalam rangka terwujudnya sistem satu atap sesuai dengan amanat Undang-undang No. 35 tahun 1999 tentang Perubahan UU No. 14/1970 tentang Pokok-pokok Kekuasaan Kehakiman, maka perlu dipersiapkan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) kekuasaan kehakiman (hakim, panitera, jurusita) melalui sistem pendidikan yang sesuai dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan secara institusional perlu dimantapkan.

Kegiatan penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran apakah pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta kurikulum pendidikan dan metode pendidikan teknis yustisial yang diterapkan bagi Hakim, Panitera dan Jurusita yang selama ini diselenggarakan oleh Pusdiklat Mahkamah Agung RI, telah memadai. Dan apakah perlu diadakan perubahan-perubahan kurikulum atau perubahan program pendidikan dan pelatihan, termasuk kemungkinan dilakukan penggantian program kurikulum pendidikan dan pelatihan Untuk itulah diperlukan penelitian yang komprehensif yang melibatkan berbagai pihak untuk mendapatkan masukan-masukan dan data-data obyektif bagi perbaikan dan penyempumaan kurikulum diklat.

Dengan mengkaji, meneliti dan menginventarisasi pemikiran-pemikiran dan pandangan dari berbagai pihak, diharapkan dapat menghasilkan suatu kurikulum pendidikan dan pelatihan yang mempunyai standar yang baik dan baku, yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Harapan kami agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi kepada Pimpinan Mahkamah Agung RI dalam rangka mengefektifkan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan dimasa-masa yang akan datang.

Semoga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai konsep awal pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, sehingga dapat menghasilkan SDM yang baik dan berdaya guna.

Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian tulisan ini, terutama rekan-rekan kami dari Pusdiklat Mahkamah Agung RI, saya sebagai Kordinator Penelitian ini mengucapkan terima kasih, dan demi kesempurnaan naskah ini kami mengharapkan kritik yang konstruktif.
 
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019