msaceh

19 Jun

Pembinaan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh di 3 (tiga) Satker Wilayah Barat |19/06

Meulaboh | ms-aceh.go.id

Rombongan MS Aceh yang terdiri dari Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh, Dra. Hj. Rosmawardani, Panitera (Syafruddin, S.H.) dan Kabag. Perencanaan dan Kepegawaian (Drs. Muhammad) melakukan pembinaan di 3 Satker wilayah barat Aceh yang terdiri dari MS Suka Makmue, MS Meulaboh dan MS Calang. Sebelum melakukan pembinaan, KMS Aceh beserta rombongan menyempatkan diri melihat-lihat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) “mini” yang dimiliki setiap MS beserta fasilitas pelayanan publik lainnya.

Setelah KMS Aceh beserta rombongan selesai melihat kondisi dan keadaan kantor dan pelayanan disetiap bagian, acara dilanjutkan dengan pembinaan kepada seluruh aparatur peradilan di masing masing MS pada waktu yang berbeda.

Pembinaan yang dilaksanakan di ruang sidang utama MS Aceh memberikan beberapa instruksi dan arahan yang menjadi poin penting antara lain:

  • Meningkatkan kecepatan dan ketepatan waktu dalam proses penyelesaian perkara dengan berpedoman kepada Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI, dimana untuk perkara tingkat pertama harus selesai dalam waktu maksimal kurang dari 5 bulan, sedangkan untuk perkara banding kurang dari 3 bulan.
  • Meningkatkan layanan delegasi secara elektronik dan koordinasi dengan MS atau PA lain diluar wilayah hukum untuk kelancaran proses persidangan dan penyelesaian perkara.
  • Mengupayakan pelayanan secara elektronik yang mudah murah dan berbiaya ringan serta tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku.
  • Meningkatkan Kinerja Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), untuk dalam penilaian mingguan badilag, penilaian kinerja satker dan juga penilaian internal Mahkamah Syar'iyah Aceh yang dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan.
  • Peningkatan kualitas administrasi perkara dan pelaporan perkara yang tepat waktu.
  • Kebersihan harus dijaga, terutama kebersihan toliet umum. Untuk cleaning service harus full-time tersedia dari pagi hingga sore.
  • Akreditasi Penjaminan Mutu agar menjadi pedoman untuk merubah mindset dan budaya kerja yang baik bukan hanya sekedar perlombaan dan dokumen.
  • Setiap aparatur peradilan harus berprinsip : “jadikan hari esok menjadi hari ini”, harus ada perubahan pola fikir (mind-set) untuk berkerja dengan cepat, tepat dan tidak menunda-nunda.  
  • One day minute, one day publish agar jangan dilalaikan karena semuanya akan terlihat di penilaian SIPP yang dirilis setiap minggunya.
  • Hati-hati dalam membuat amar putusan, karena amar putusan tidak dapat direnvoi, untuk memperbaiki putusan tidak bida dilakukan di tingkat pertama, akan tetapi dengan Banding, Kasasi atau PK.
  • Mengupdate secara berkala Sikep ABS, mengisi LLK, LHKPN/LHKASN.
  • Terus membenahi Dekorum dan K3 untuk kenyamanan dan keindahan kantor.
  • Website harus terus aktif. Dan minimal 2x pagi dan sore untuk terus dipantau karena sering ada informasi penting yang mendesak.
  • Setiap aparatur peradilan wajib untuk menerapkan 3 S (Senyum, Salam, Sapa) dan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).
  • Zona Integritas harus benar-benar dibangun jangan hanya berupa pencanangan dan simbol saja. Mengenai Radius Perkara harus transparansi dan dapat diketahui dengan mudah oleh para pengunjung. Alur perkara juga harus tertera jelas dari mulai pendaftaran hingga akhir persidangan.

Tak lupa KMS Aceh mengajak dan mengingatkan kepada seluruh warga Peradilan untuk menjaga etika bermedia sosial.

Diakhir pembinaan KMS Aceh berpesan agar saling berkerja sama dan menjaga keharmonisan, terutama untuk 4 pilar Pengadilan yaitu Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris, karena seluruhnya memiliki Job Description agar pelaksanaan tugas sehari-hari berjalan baik dan lancar, jangan sampai terjadi benturan sehingga dapat memicu perpecahan.

Semoga dengan kunjungan ini diharapkan dapat memberi motivasi semangat kepada warga MS untuk bekerja dengan lebih maksimal. Segala masukan, arahan dan bimbingan yang diberikan akan dilaksanakan demi kebaikan dan kemajuan kedepannya. Tim Redaktur (HI)

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019