msaceh

08 Mei

Wakil Ketua, Hakim Tinggi dan Panitera MS Aceh Mengikuti Pembinaan Hakim Agung

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Dalam suasana penyebaran virus corona sekarang ini mengakibatkan pertemuan secara tatap muka tidak bisa dilaksanakan karena berbahaya bagi terjangkitnya virus corona. Oleh karena itu, pertemuan pun berlangsung secara online melalui teleconference atau melalui aplikasi zoom.

Pembinaan Hakim Agung YM. Dr. H. Purwosusilo, SH., MH Pada hari Jum’at (7/5) di buka Dirjen Badilag H. Aco Nur dengan peserta Ketua, Wakil ketua, Hakim TInggi MS Aceh/PTA  dan MS/PA Kelas IA seluruh Indonesia yang dimulai pukul 09.00 Wib s.d. 10.30 Wib. Topik pembinaan Permasalahan Sita dan Eksekusi  .

Dirjen Badilag H. Aco Nur memberikan pengarahan sebelum Pembinaan oleh Hakim Agung  YM. Dr. H. Purwosusilo, SH., MH, berkaitan dengan nilai SIPP mingguan yang sudah mulai ada merah, selanjutnya di persilakan YM. Dr. H. Purwosusilo, SH., MH untuk melakukan pembinaan.

Ym. Dr. H. Purwosusilo, SH., MH memulai pembinaan membahas Putusan Sela dan Putusan Akhir Pengadilan Agama.

Materi lanjutannya tentang Eksekusi Rill, eksekusi ada dua macam, eksekusi rill dan eksekusi pembayaran sejumlah uang, dalam pratiknya di pengadilan Agama seringkali eksekusi rill dilakukan sita eksekusi terlebih dahulu.

Dalam penjelasanya : untuk eksekusi rill tidak perlu di lakukan sita eksekusi, karena sita eksekusi dilakukan untuk eksekusi pembayaran uang untuk persiapan lelang. Eksekusi rill lihat ketentuan Pasal 1033 RV dan Pasal 200 (11) HIR/218(2)Rbg. Proses eksekusi rill meliputi : a). Permohonan. b). Aamaning, c). Dikeluarkan penetapan eksekusi, d). Pelaksanaan eksekusi.

Proses eksekusi pembayaran uang meliputi: a). Permohonan, b). Aamaning, c). Penetapan sita eksekusi (bila belum ada CB), d). Pelaksanaan eksekusi, e). Penetapan eksekusi/lelang.

Acara di tutup dirjen badilag,  H. Aco Nur meminta kepada Ketua MS Aceh/PTA dan MS/PA MS Kelas IA seluruh Indonesia untuk mempedomani apa yang di sampaikan dalam materi Pembina.

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019