msaceh

14 Apr

Ini Pesan Ketua MS Aceh Tentang Pelantikan Hakim Baru

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Surat Keputusan tentang pengangkatan calon hakim menjadi hakim di lingkungan peradilan agama telah terbit dan pelantikan serta pengambilan sumpah pun akan segera dilaksanakan. Sekaitan dengan itu,  Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama H. Aco Nur melayangkan surat tanggal 9 April 2020 yang ditujukan kepada Ketua MS Aceh dan Ketua PTA seluruh Indonesia tentang pelantikan dan pengambilan sumpah hakim tersebut.

Dalam surat yang ditandatangani Dirjen Badilag H. Aco Nur mendalilkan kepada Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia. Oleh sebab itu, pelantikan hakim dengan memperhatikan physical distancing (menjaga jarak minimal dua meter) dan protokoler kesehatan dalam rangka mencegah penularan Covid 19. Pelantikan dan pengambilan sumpah hakim dilaksanakan paling lambat tanggal 30 April 2020. 

Pihak yang hadir di tempat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, semuanya harus memakai masker yaitu pejabat yang melantik dan mengambil sumpah, pejabat yang akan dilantik dan diambil sumpah maksimal 3 (tiga) orang untuk sekali pelantikan, rohaniwan,  2 (dua) orang saksi, pembaca Surat Keputusan dan protokol.

Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah, segera meninput SPP, SPMT dan SPMJ  ke dalam aplikasi Sikep dan ABS paling lambat 1 (satu) hari setelah pelantikan sebagai pertanggungjawaban administrasi biaya mutasi.

Ketua MS Aceh H. Abd. Hamid Pulungan meminta kepada Ketua MS Kab/Kota se Aceh supaya melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah hakim tersebut dengan berpedoman kepada ketentuan di atas. Dirinya berpesan supaya pelantikan hakim dilaksanakan dalam bulan April 2020.

“Untuk kepentingan pelantikan hakim tersebut, agar segera memanggil calon hakim yang bersangkutan dengan mengingatkan bahwa selama dalam perjalanan senantiasa menggunakan sarung tangan plastik dan masker,” ujar H. Abd. Hamid Pulungan berpesan.

“Apabila ada kendala atau kesulitan, silahkan berkonsultasi dengan MS Aceh supaya dicari solusinya,” pungkas H. Abd. Hamid Pulungan.

Selain memberikan pesan, Ketua MS Aceh H. Abd. Hamid Pulungan berharap dan berdoa semoga suasana virus corona ini cepat berlalu. Disebutkannya, dalam situasi seperti sekarang ini serba sulit untuk melakukan sesuatu karena rasa khawatir tertular virus corona.

“Saya prihatin dalam suasana virus corona ini, oleh sebab itu marilah kita selalu menjaga diri dan bermohon kepada Allah Swt semoga virus corona cepat berakhir,” kata H. Abd. Hamid Pulungan.

 

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019