msaceh

27 Feb

Ketua dan Panitera serta Sekretaris MS Aceh Hadiri Laptah MA di Jakarta

Jakarta | ms-aceh.go.id

Mahkamah Agung RI gelar kegiatan laporan tahunan untuk tahun 2019 yang digelar di JCC Jakarta tanggal 26 Februari 2020. Perhelatan akbar tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Selain itu, hadir juga pimpinan lembaga negara, perwakilan MA dari Arab Saudi, Sudan, Mesir dan Jepang serta undangan lainnya.

Untuk kalangan pengadilan hadir Ketua pengadilan tingkat banding beserta Panitera dan Sekretaris dan Ketua pengadilan tingkat pertama 4 (empat) lingkungan peradilan.  Dari MS Aceh sendiri hadir Ketua H. Abd. Hamid Pulungan, Panitera Syafruddin dan Sekretaris Khairuddin.

Acara laptah MA dimulai pukul 10.00 Wib diawali dengan pembukaan sidang istimewa oleh Ketua MA Prof. Hatta Ali dengan ketukan palu empat kali, lalu dilanjutkan dengan pembacaan laporan tahunan. Prof. Hatta Ali yang membacakan laporan tahunan tersebut tampak bersemangat dan hebatnya lagi tanpa teks alias membaca dengan layar terselubung.

Dalam paparannya, Prof. Hatta Ali menyebut capaian kinerja MA selama tahun 2019. Disebutkannya, sisa perkara tahun 2019 hanya 297 perkara dan sisa perkara terkecil dalam sejarah MA. “Sisa perkara tahun 2019 hanya 297 perkara dan capaian paling menggembirakan selama ini,” sebut Prof. Hatta Ali yang disambut aplus dari hadirin.

Prof. Hatta Ali juga menyinggung tentang penerapan teknologi informasi dalam proses penanganan perkara di pengadilan.  Disebutkan Prof. Hatta Ali, sekarang ini proses persidangan telah dilaksanakan dengan e-litigasi yang berarti para pihak tidak perlu datang ke pengadilan. “Persidangan menggunakan teknologi informasi dengan e-litigasi sehingga persidangan dilaksanakan secara cepat, sederhana dan biaya ringan,” tandas Prof. Hatta Ali.

Banyak agenda penting yang diuraikan Prof. Hatta Ali dalam laporan tahunan ini. Yang intinya, capaian kinerja MA tahun 2019 sangat baik dan memuaskan. “Capaian kinerja MA dan badan peradilan di bawahnya tahun 2019 sangat baik dan merupakan keberhasilan yang paling baik sepanjang sejarah MA,” papar Prof. Hatta Ali.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam kata sambutannya menyebut dirinya selalu mengikuti perkembangan MA. Menurutnya, putusan-putusan yang diambil pengadilan sangat menentukan arah kebijakan pembangunan di Indonesia. Oleh sebab itu, urainya lebih lanjut, saya menyambut baik capaian kinerja MA yang sangat bagus selama tahun 2019.

“Saya selalu mengikuti perkembangan MA selama ini dan saya merasa senang dan gembira atas capaian kinerja MA tahun 2019 tersebut,” ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo pun memuji perkembangan MA dan badan peradilan di bawahnya yang telah menggunakan teknologi informasi dalam proses persidangan. Hal ini sangat penting, katanya lagi, karena dengan menggunakan teknologi informasi akan menjadikan persidangan transparan.

Prosesi laporan tahunan MA ditutup dengan doa yang dipandu oleh hakim yustisial MA Saifullah dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

 

 

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019