msaceh

27 Feb

Ketua MS Aceh Ikuti Talk Show Yang Diselenggarakan MA di Jakarta

Jakarta | ms-aceh.go.id

Serangkaian kegiatan laporan tahunan MA tahun 2019 yang digelar di JCC Jakarta tanggal 26 Februari 2020 dilaksanakan beberapa kegiatan dan salah satu di antaranya adalah talk show yang membahas implementasi e-court dan e-litigasi.

Talk show menampilkan 5 (lima) orang nara sumber masing-masing Hakim Agung YM Syamsul Ma’arif, Dirjen Badilum Prim Haryadi, Dirjen Badilag Aco Nur, Dirjen Badilmiltun Lulik Tri Cahyaningrum dan pengacara kondang Juniver Girsang. Talk show tersebut dipandu oleh presenter ternama Rosi Silalahi.

Hadir mengikuti talk show Ketua pengadilan tingkat banding dan tingkat pertama 4 (empat) lingkungan peradilan salah satu di antaranya adalah Ketua MS Aceh H. Abd. Hamid Pulungan. Selain itu, hadir juga pengacara, pemerhati hukum dan pengadilan dari berbagai organisasi yang ada di Jakarta dan undangan lainnya.. 

Syamsul Ma’arif yang tampil sebagai penyaji pertama menjelaskan bahwa e-court dan e-litigasi adalah lompatan jauh yang dibuat MA dan badan peradilan di bawahnya untuk menjadikan pengadilan modern dalam melayani pencari keadilan. Menurutnya, dengan e-court dan e-litigasi proses persidangan menjadi sederhana, cepat dan murah. Sebab, urainya memberi alasan, para pihak tidak perlu lagi datang ke pengadilan menghadiri persidangan, tapi cukup dengan elektronik.

“E-court dan e-litigasi menjadikan proses persidangan di pengadilan cepat, sederhana dan murah karena dilaksanakan secara elektronik,” papar penulis produktif ini.

Dirjen Badilum Prim Haryadi yang tampil sebagai pemateri kedua menguraikan implementasi e-court dan e-litigasi di PN yang telah berjalan dengan baik. Dijelaskannya lebih lanjut, sejak e-court dan e-litigasi diluncurkan, dirinya menginstruksikan PN agar melaksanakannya tanpa ada kompromi. “Saya instruksikan PN agar melaksanakan e-court dan e-litigasi dalam melayani masyarakat pencari keadilan,” tandas Prim Haryadi.

Sementara itu, Dirjen Badilag Aco Nur menyebutkan dirinya langsung tancap gas dalam implementasi e-court dan e-litigasi. Sampai saat ini, urainya lebih lanjut, PA di seluruh Indonesia telah melaksanakan persidangan secara e-litigasi. “Sebelum tanggal 2 Januari 2020, e-litigasi telah diimplementasikan di PA seluruh Indonesia,” sebutnya yang disamput tepuk tangan dari peserta talk show.

Dirjen Badilmiltun Lulik Tri Cahyaningrum dalam penjelasannya menyebutkan pengadilan TUN telah melaksanakan sepenuhnya e-litigasi. “Oleh karena para pihak yang beracara di PTUN kebanyakan pengacara, maka tidak ada kata lain kecuali persidangan harus secara e-litigasi, sebutnya bersemangat.

Nara sumber terakhir pengacara kondang sekaligus Ketua Peradi Juniver Girsang. Disebutkannya, pihaknya telah memerintahkan semua advokat yang berada di bawah Peradi supaya menggunakan e-court dan e-litigasi dalam beracara di pengadilan. Sebenarnya, katanya lagi, dengan e-court dan e-litigas penghasilan advokat berkurang. “Advokat mendapat jasa setiap persidangan, tapi dengan e-court dan e-litigas tidak ada lagi persidangan, maka honor yang diterima berkurang. Demi suksesnya program MA membangun pengadilan modern kami siap melaksanakannya,” pungkas Juniver Girsang yang disamput tepuk tangan gemuruh dari peserta talk show.  

Presenter Rosi Silalahi yang biasa tampil di TV Kompas membawakan talk show begitu menarik karena dibumbui dengan ucapan-ucapan yang menggoda tapi penuh makna.

Dalam closing speech semua nara sumber sepakat, e-court dan e-litigas harus diimplementasikan dengan baik untuk mewujudkan pengadilan modern dalam melayani masyarakat pencari keadilan.

 


 

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019