Print this page
08 Jan

Ketua MS Aceh Apresiasi MS Subulussalam dan MS Blangkajeren Atas Prestasi Implementasi SIPP

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Sistim Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dinilai setiap minggu oleh Badilag MA.  Penilaian tersebut didasarkan pada proses penyelesaian perkara antara lain waktu penyelesaian perkara dan lain-lain. Semakin cepat penyelesaian perkara, maka semakin baik nilai SIPP. Dalam penilaian ini dibagi kepada 5 (lima) kategori sesuai dengan jumlah perkara yang diterima pada satuan kerja yang bersangkutan.

Sampai dengan saat ini, nilai SIPP PA/MS seluruh Indonesia telah hijau semuanya yang berarti nilainya di atas 75%. Namun demikian, nilai 75% belumlah cukup, tapi harus mendekati 100%. Bagi PA/MS yang mendapat nilai tertinggi otomatis menempati posisi atau peringkat paling tinggi.

Badilag sebagai institusi yang melakukan penilaian terhadap SIPP ini, rupanya tidak hanya sekedar melakukan penilaian. Tapi, Badilag memberikan reward bagi PA/MS yang meraih nilai tertinggi pada setiap kategori. Reward ini dimaksudkan sebagai apresiasi dan penghargaan kepada PA/MS yang telah berhasil dalam implementasi SIPP dengan baik. Dan sekaligus untuk motivasi bagi PA/MS yang belum mendapat nilai tertinggi.

Sekaitan dengan hal tersebut, Badilag merilis PA/MS yang berhasil mempertahankan peringkat 10 besar pada masing-masing kategori selama tiga bulan berturut-turut (Oktober – Desember) 2019 dan berhasil mempertahankan nilai tersebut sepanjang tahun 2019. Hal ini tertuang dalam surat Dirjen Badilag nomor 5835/DjA/HM.02.3/XII/2019 tanggal 31 Desember 2019 tentang penghargaan atas hasil kinerja SIPP.

PA/MS yang berhasil mempertahankan peringkat 10 besar pada masing-masing kategori selama tiga bulan berturut-turut (Oktober – Desember) 2019 sebanyak 18 satker, sedangkan yang berhasil mempertahankan selama tahun 2019 sebanyak 3 satker. Bagi satker ini, Badilag memberikan apresiasi dalam bentuk piagam penghargaan. Dari PA/MS yang akan menerima piagam penghargaan tersebut, terdapat MS Subulussalam dan MS Blangkajeren yang keduanya dalam kategori IV.

Ketua MS Aceh H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan ucapan syukur alhamdulillah atas prestasi yang ditorehkan MS Subulussalam dan MS Blangkajeren. Dirinya merasa bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada keluarga besar kedua satker yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga menempati posisi 10 besar.

“Sebagai pimpinan MS Aceh, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi  dan penghargaan yang tulus kepada MS Subulussalam dan MS Blangkajeren yang berhasil menempati 10 besar dalam implementasi SIPP,” ujarnya dengan bangga.

“Tingkatkan terus prestasimu,” katanya lagi memberikan motivasi.

Menurut penggiat IT ini, prestasi MS Subulussalam dan MS Blangkajeren tersebut telah mengharumkan MS Aceh. Oleh karena itu, sambungnya lagi, MS Subulussalam dan MS Blangkajeren akan dijadikan percontohan bagi MS lain agar nilai SIPP semakin baik pada masa yang akan datang.

Rate this item
(0 votes)