msaceh

11 Des

Family Court of Australia Sangat Perduli Terhadap Kepentingan Anak Akibat Perceraian Orang Tua

Lawyer anak sedang mempresentasikan kinerjanya dalam membantu kepentingan anak akibat cerai orang tua
Lawyer anak sedang mempresentasikan kinerjanya dalam membantu kepentingan anak akibat cerai orang tua

Autralia | ms-aceh.go.id

Family Court of Australia di Sydney adalah pengadilan keluarga yang menangani kasus rumah tangga seperti perceraian dan lain-lain. Dalam hal asuh anak misalnya, dapat saja seorang Hakim mengeluarkan penetapan pada malam hari agar anak yang akan dilarikan salah satu orang tuanya ke negara lain supaya dicekal pihak imigrasi. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila Family Court of Australia disebut Pengadilan ramah dan perhatian terhadap anak akibat perceraian orang tua.

Dalam hari ketiga kunjungan rombongan Badilag ke Family Court of Australia di Sydney (11/12), Family Court of Australia menghadirkan pengacara anak dan konsultan anak yang berasal dari pekerja sosial untuk mempresentasikan kinerjanya dalam memberikan bantuan kepada anak yang menjadi korban akibat perceraian orang tuanya.

Tampil sebagai pembicara pertama adalah seorang lawyer yang khusus menangani anak yang tuanya akan bercerai. Menurut lawyer ini, pihaknya akan mendampingi anak agar hak-hak anak terpenuhi dengan baik. Misalnya tentang hak asuh anak maupun biaya-biaya kebutuhan anak itu sendiri. Hal ini ia lakukan tanpa meminta bayaran dari anak maupun dari orang tua anak.

“Kami bekerja untuk memperjuangkan hak-hak anak yang bercerai orang tuanya tanpa memungut biaya dari anak atau dari orang tua anak,” ujar lawyer yang rambut pirang tersebut.

“Kami digaji oleh lembaga bantuan hukum atau digaji oleh Negara,” pungkasnya lagi.

Lainnya halnya dengan pekerja sosial yang bernama Karen yang bekerja untuk mengurus kepentingan anak. Menurut perempuan yang murah senyum ini, pihaknya bekerja tanpa digaji dan kalaupun ada lembaga yang memberi upah kepada mereka, hal tersebut tidak pasti terkadang ada dan terkadang tidak ada. Masih menurut Karen, pihaknya terkadang meminta bantuan psikolog untuk membantu anak tersebut dalam mencari solusi agar masa depan anak terjamin.

“Terkadang kami meminta bantuan psikolog untuk membantu anak dalam memenuhi kepentingannya,” kata Karen menjelaskan.

Selain itu, Karen pun membuat arena bermain bagi anak agar pisikisnya tidak terganggu akibat perceraian orang tua. “Yang penting agar masa depan anak terjamin sehingga ia dapat hidup layak sebagaimana anak yang lain,” tandas Karen.

Menanggapi presentasi lawyer dan pekerja sosial untuk anak yang menghadapi masalah dalam rumah tangga akibat cerai orang tua, Dirjen Badilag H. Aco Nur memuji kedua orang ini. Dijelaskan oleh H. Aco Nur, Pengadilan di Indonesia tidak sampai mengurusi kepentingan anak dengan turut serta terlibat mencari solusi agar masa depan anak tetap terjamin dengan baik.

“Pengadilan di Indonesia hanya menanyakan kepada anak mengenai siapa yang akan mengasuhnya. Oleh sebab itu, apa yang dilakukan Family Court of Australia ini patut dicontoh,” ujar Dirjen Badilag H. Aco Nur memuji.

 


 

Rate this item
(1 Vote)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019