msaceh

10 Des

Tim Badilag Lakukan Kunjungan Ke Federal Circuit Court of Australia di Parramatta

Australia I ms-aceh.go.id

Pada hari kedua kunjungan rombongan Badilag MA di Sydney Australia melakukan lawatan ke Federal Circuit Court of Australia di Parramatta. Jarak antara Sydney dengan Parramatta dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 1 (satu) jam dengan menggunakan Bis.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk melihat secara langsung bagaimana pengadilan melakukan pelayanan kepada pasangan yang dilanda kekerasan dalam rumah tangga dan pelayanan bagi penyandang disabilitas. Selain itu, untuk melihat penerapan teknologi informasi dalam proses suatu perkara.

Di pengadilan ini, para pihak sebelum mengajukan perkara terlebih dahulu konsultasi melalui telepon kepada petugas bagian kepaniteraan bagaimana proses penerimaan perkara. Konsultasi tersebut antara lain tentang prosedur mengajukan perkara, biaya perkara dan waktu yang diperlukan dalam penyelesaian perkara.

Sewaktu rombongan Badilag memasuki ruangan penerimaan perkara, petugas yang melayani melarang berbicara apalagi berisik karena sedang berlangsung konsultasi dengan telepon terhadap orang yang ingin mengajukan perkara. “Dilarang berbicara di sini,” kata salah seorang petugas pengadilan.

Para pihak mengajukan perkara apabila tidak berhasil mediasi yang dilakukan oleh mediator bersertifikat yang dibiayai negara. Oleh sebab itu, mediasi bukanlah proses perkara karena dilaksanakan sebelum perkaranya didaftar. Biasanya, mediasi gagal terhadap hak asuh anak dan pembagian harta bersama. Sedangkan perceraiannya tidak perlu dimediasi karena perkara yang masuk ke pengadilan pada umumnya telah terdapat kesepakatan bercerai antara suami isteri.

Pengadilan di Perramatta ini memberikan pelayanan kepada korban KDRT terutama untuk anak dengan menyediakan berbagai fasilitas bermain termasuk diantaranya playstasion. Selain itu, petugas yang ditempatkan di bagian ini adalah seorang perempuan yang ramah tak obahnya seperti guru taman kanak-kanak.

“Ibu ini ramah dan cocok untuk ditempatkan di bagian pemeliharaan anak,” ujar Dirjen Badilag H. Aco Nur setelah melihat penampilan petugas yang bersangkutan.

Untuk pelayanan kepada disabilitas, pengadilan menyediakan fasilitas yang diperlukan, hanya saja tidak ada aturan khusus yang mengatur kebijakan tentang pelayanan kepada disabilitas. Setentang penerapan teknologi informasi di pengadilan, pada umumnya pengadilan telah mengelolanya dengan baik. Namun demikian, belum ada perkara yang diproses secara e-litigasi.

Pengadilan yang khusus menangani perkara perdata ini terutama tentang masalah keluarga menyidangkan perkara dengan hakim tunggal dan didampingi oleh 2 (dua) orang asisten. Dalam ruangan sidang tersedia monitor dengan ukuran besar untuk melakukan teleconference terhadap pihak yang tidak mau menghadiri sidang karena takut atas tindakan kekerasan pihak lawan.

Rangkaian kunjungan ke pengadilan di Parramatta dilakukan pertemuan dengan rombongan Badilag dan dari pihak pengadilan antara lain hakim, pengacara, konsultan penangan disabilitas. Seluruh kegiatan berakhir pada pukul 16.00 dan rombongan Badilag kembali ke Sydney dengan menggunakan Bis yang disediakan oleh Family Court of Australia.

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019