msaceh

10 Des

Rombongan Badilag Disambut Secara Istimewa Oleh Family Court of Australia

Australia | ms-aceh.go.id

Hari pertama kunjungan rombongan Badilag Mahkamah Agung RI di Family Court of Australia disambut dengan hangat dan secara istimewa. Ketua Mahkamah Agung Family Court of Australia Judy Ryan sengaja datang dari Melbourne untuk menerima kedatangan kami di Family Court of Australia Sydney. Acara diawali dengan penyambutan secara resmi yang dihadiri oleh Hakim-hakim Family Court of Australia.

Dalam laporannya, Panitera menyebutkan bahwa Family Court of Australia adalah pengadilan yang khusus menangani perkara keluarga seperti perceraian dan lain-lain. Penerimaan perkara di Family Court of Australia dilaksanakan secara elektronik maupun secara manual, tapi lebih banyak dengan elektronik.

Sementara itu Ketua Mahkamah Agung Family Court of Australia Judy Ryan dalam sambutannya mengatakan sangat senang menerima kedatangan rombongan Badilag berkunjung ke Australia. Disebutkannya, bahwa hubungan Mahkamah Agung RI dan lebih khusus dengan Badilag telah berlangsung sejak tahun 2004 sampai sekarang ini. Dan hubungan ini, urainya lagi, akan tetap berlanjut pada masa yang akan datang.

“Selamat datang ke Family Court of Australia, saya senang dan gembira menyambut kedatangan Bapak/Ibu dari Badilag Jakarta,” ujarnya yang disampaikannya dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan oleh staf Family Court of Australia yang fasih berbahasa Indonesia.

“Saya sengaja datang dari Melbourne secara khusus untuk menyambut kedatangan Bapak/Ibu semua,” tandasnya dengan senyum.

Dirjen Badilag H. Aco Nur dalam sambutannya menguraikan maksud dan tujuan kedatangan rombongan yang dipimpinnya ke Family Court of Australia. Dirjen menyampaikan kemajuan yang diraih Badilag selama ini seperti launching 9 aplikasi unggulan Badilag yang dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung RI beberapa waktu yang lalu. Dengan 9 aplikasi ini, kata Dirjen lebih lanjut, peradilan agama di Indonesia memasuki babak baru menuju pengadilan modern berbasis teknologi informasi. Selain itu, tambahnya lagi, telah diresmikan commad center sebagai sarana komunikasi jarak jauh antara Badilag dengan pengadilan di seluruh Indonesia.

“Saat ini, peradilan agama di Indonesia telah memasuki babak baru dengan penerapan teknologi informasi sehingga para pihak terlayani dengan cepat dan murah,” kata Dirjen Badilag H. Aco Nur.

Setelah selesai acara penyambutan, lalu rombongan Badilag diajak untuk melihat proses penerimaan perkara di Family Court of Australia yang telah menerapkan elektronik dalam proses penerimaan perkara. Dan satu hal yang patut dicontoh dari Family Court of Australia ini yaitu menerapkan keistimewaan terhadap anak sebagai korban perceraian orang tua. Terdapat beberapa fasilitas untuk bermain maupun ruangan yang ditata dengan rapi sehingga anak-anak merasa nyaman.

Selepas mengelilingi ruangan demia ruangan tempat proses penerimaan perkara di Family Court of Australia yang gedungnya memiliki 12 lantai tersebut, rombongan Badilag dijamu makan siang. Hadir Ketua Mahkamah Agung Family Court of Australia dan semua hakim-hakim serta pejabatnya. Menu yang disajikan adalah masakan Australia yang diramu dengan masakan Indonesia.

Selepas makan siang, Ketua Mahkamah Agung Family Court of Australia  Judy Ryan memberikan kata sambutan. Dirinya memuji kemajuan yang dicapai Badilag terutama dengan sarana command center yang mempermudah komunikasi untuk melayani masyarakat pencari keadilan.

“Badilag sekarang ini sudah maju, telah memiliki command center, Family Court of Australia sendiri belum memilikinya,” urainya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Kegiatan pada hari itu diakhiri dengan diskusi tentang perlindungan anak dan pelayanan pengadilan bagi orang yang tidak mampu maupun isu strategis lainnya yang berlangsung sampai pukul 16.00.    


 

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019