msaceh

29 Nov

Ketua PTA Jakarta Memberikan Materi Pada Diklat Ekonomi Syariah di Aceh

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Ketua PTA Jakarta H. Yamin Awie ambil bagian sebagai tenaga pengajar pada diklat sertifikasi hakim ekonomi syariah yang sedang berlangsung di Aceh pada hari Kamis (28/11). Seperti diberitakan sebelumnya Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Pusdiklat Mahkamah Agung RI  melaksanakan diklat sertifikasi hakim ekonomi syariah bagi hakim Mahkamah Syar’iyah selama 2 (dua) minggu.  Selesai diklat tersebut, peserta akan menerima sertifikat hakim ekonomi syariah yang mempunyai kewenangan memeriksa dan mengadili perkara ekonomi syariah.

 H. Yamin Awie memberikan materi tentang teknis pembuatan putusan perkara ekonomi syariah. Disebutkannya, sebetulnya putusan ekonomi syariah pada dasarnya sama dengan putusan perkara lainnya. Hanya saja, urainya lebih lanjut, sebelum membuat putusan, terlebih dahulu dilihat akad perjanjian dalam suatu pembiayaan.

Lebih lanjut dijelaskan oleh H. Yamin Awie, bahwa biasanya perkara ekonomi syariah didominasi oleh wanprestasi dari nasabah. Misalnya, katanya mencontohkan, nasabah lalai dalam melakukan angsuran cicilan yang harus dipenuhinya.

“Paling banyak perkara ekonomi syariah adalah wanprestasi karena nasabah tidak memenuhi angsuran yang harus dilunasinya,”  ujar H. Yamin Awie menjelaskan.

H. Yamin Awie meminta peserta agar membuat putusan yang benar dan adil terhadap perkara ekonomi syariah. Hal ini penting, katanya menegaskan, agar masyarakat percaya akan kemampuan teknis hakim di lingkungan peradilan agama. Selama ini, ungkapnya lagi, masih ada saja pihak Bank yang tidak percaya terhadap hakim PA, tapi dengan adanya putusan MK yang menetapakan hanya PA yang berhak mengadili sengketa ekonomi syariah maka pihak Bank mengajukan perkara ekonomi syariah ke PA.

“Kita membangun kepercayaan perbankan agar perkara ekonomi syariah hanya diadili di PA, oleh sebab itu belajarlah dengan baik tentang ekonomi syariah ini,” papar H. Yamin Awie menyarankan.

Pembelajaran dari H. Yamin Awie adalah sesi terakhir dalam diklat sertifikasi hakim ekonomi syariah karena hari Jum’at (29/11) peserta diklat akan melakukan observasi lapangan yang dipusatkan di Bank Aceh. Dan sore harinya akan dilaksanakan penutupan diklat.

H. Yamin Awie membagi dua sesi pembelajaran, sesi pertama yang dimulai pukul 08.30 Wib sampai jam istirahat dimanfaatkannya untuk menjelaskan teknik pembuatan putusan. Sedangkan setelah jam istirahat sampai selesai adalah bedah kasus dan membuat pertimbangan hukum putusan.

 

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019