msaceh

06 Nov

Ketua dan Wakil Ketua MS Aceh Mengikuti Munas IKAHI Ke XIX Di Bandung

Bandung | ms-aceh.go.id

Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke XIX di Hotel Intercontinental Bandung. Perhelatan akbar tersebut dibuka Ketua Mahkamah Agung RI YM H.M. Hatta Ali pada hari Selasa (05/11).

Hadir Wakil Ketua MA bidang Yudisial H.M. Syarifuddin, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial H. Sunarto, Para Ketua Kamar, Hakim Agung dan peserta Munas yang berasal dari Pengurus Daerah IKAHI seluruh Indonesia. Selain itu, hadir juga mantan Ketua MA Prof. H. Bagir Manan.

Peserta dari Aceh adalah Penasehat dan Pengurus IKAHI Aceh yang terdiri dari H. Djumali dan H. Abd. Hamid Pulungan masing-masing sebagai Penasehat serta H. Amril, H. Zulkifli Yus dan Saryana masing-masing sebagai Pengurus IKAHI Daerah Aceh.

Ketua MA H.M. Hatta Ali dalam kata sambutannya ketika membuka Munas IKAHI ke XIX tersebut meminta kepada Pengurus IKAHI untuk membangun organisasi IKAHI yang modern berbasis teknologi informasi. Menurut orang nomor satu di MA ini, bahwa MA dan badan peradilan di bawahnya telah mencanangkan pengadilan modern setara dengan pengadilan di negara maju.

"MA telah mengeluarkan regulasi yang mendorong pengadilan menjadi pengadilan modern berbasis teknologi informasi untuk melayani. Oleh sebab itu, saya meminta kepada IKAHI agar memotivasi anggotanya supaya menjadi hakim yang maju serta menguasai teknologi informasi,” ujar H.M. Hatta Ali.

“Baru-baru ini telah dilaunching aplikasi e-court, dan tahun 2020 pengadilan harus melaksanakan persidangan secara e-litigasi sebagai wujud pengadilan modern,” pungkas H.M. Hatta Ali.

Dalam kesempatan pembukaan Munas IKAHI pada malam itu, dilaunching Kartu IKAHI yang baru yang mempunyai beberapa fungsi antara lain dapat digunakan dalam melakukan pembayaran transaksi jual beli sepertri layaknya ATM. Dalam pembuatan kartu IKAHI ini, IKAHI bekerjasama dengan Bank BNI.

Pada kegiatan Munas yang digelar setelah makan malam tersebut telah terselesaikan beberapa agenda yaitu penetapan tata tertib Munas, pemilihan pimpinan Munas, pembacaan laporan pertanggung-jawaban pengurus IKAHI periode 2016 - 2019 dan pernyataan pengurus IKAHI demisioner serta pembentukan Komisi A dan Komisi B.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan rasa syukur dapat mengikuti Munas IKAHI ke XIX tersebut. Menurutnya, perhelatan Munas sangat penting dalam memajukan organisasi IKAHI terutama dalam menetapkan program kerja maupun pemilihan pengurus baru.

“Alhamdulillah, saya dan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dapat mengikuti Munas IKAHI ke XIX di Bandung semoga dapat mengikutinya sampai dengan selesai,” ungkap H. Abd. Hamid Pulungan.

“IKAHI Daerah Aceh akan memberikan pemikiran konstruktif pada rapat-rapat pleno sebagai bentuk tanggung-jawab dalam Munas ini,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

Sementara itu, Wakil Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh H. Zulkifli Yus mengungkapkan bahwa Munas IKAHI ke-XIX adalah momentum dalam pembenahan organisasi IKAHI. Dalam Munas ini, kata H. Zulkifli Yus, peserta Munas harus aktif memberikan pemikiran agar IKAHI tambah maju.

"Peserta Munas harus memberikan pemikiran konstruktif untuk kemajuan IKAHI,"  ujar H. Zulkifli Yus.

Sesuai dengan agenda Munas yang telah ditetapkan, pada hari kedua Rabu (06/11) penyelenggaran Munas IKAHI akan berlangsung rapat pleno Komisi A dan Komisi B serta pemilihan pengursus IKAHI periode 2019 - 2022. dan pada malam harinya akan dilangsung upacara penutupan Munas IKAHI ke XIX.  

  

 

 

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019