msaceh

16 Okt

Ketua MS Aceh Memberi Pendalaman Penguasaan IT Dan SIPP Kepada Para Hakim Dan Panitera Pengganti

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Dalam rangka memaksimalkan penggunaan aplikasi SIPP sebagai media penyelesaian perkara secara cepat dan mudah, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh (Dr.H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H) melakukan  pendalaman penguasaan IT dan SIPP sebagai cara mudah dan cepat dalam menginput data dalam SIPP  pada Mahkamah Syar’iyah Aceh, bekerja sama dengan petugas IT (Muhammad Kadri, ST)  dan Amin SIPP (Heri Irawan, A.Md) dua hari secara beruntun (hari Senin dan Selasa tanggal 14 dan 15 Oktober 2019, Ketua Mahkamah Syar’iyah melakukan Bintek pendalaman baik tata cara input data perkara dalam SIPP maupun menggunaan email sebagai media transper data kepada Panitera pengganti, Anggota Majelis maupun sebaliknya.

Acara yang berlangsung di ruang Zainal Abidin lantai II MS. Aceh tersebut diikuti oleh semua Hakim Tinggi, Panitera Pengganti termasuk Panitera dan Wakil Panitera,  bintek ini sangat penting tutur Pak Ketua, karena dapat memudahkan kita dalam proses penggunaan IT dan SIPP. Dalam rangka menginput data perkara secara elektronik.

Pak Ketua sebagai narasumber tunggal secara sangat serus dan penuh gurau memperagakan cara menginput data perkara dalam SIPP secara tepat dan juga menunjukkan cara membuat email dan hanya dengan via emaillah transper data yang terjamin aman, maka diintruksikan hanya via email transper data dilakukan.

Pak Ketua sepanjang Bintek memperagakan cara retorikanya yang khas, lugas, humoris namun serius, membimbing para hakim tinggi dan Panitera Pengganti dengan memegang mos dan menuntun tangan peserta bintek untuk dapat memainkan menu menu SIPP dalam rangka menginput data perkara baik input data PHS, pertimbangan hukum, putusan dan e dokumen secara sempurna.

Para peserta secara bergiliran baik hakim mapun Panitera Pengganti menginput data dengan menggunakan Password sendiri dan user sendiri, menginput data yang menjadi tugasnya sendiri misalnya data “jadwal sidang”. Kemudian Pak Ketua juga memperagakan cara menginput data e dokumen baik e dok., pertimbangan hukum maupun  e dok putusan, sehingga diharapkan nanti semua user baik ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Wakil Panitera dan Panitera Pengganti dapat secara mandiri mampu melaksanakan tugas menginput data dalam SIPP secara benar dan cepat dengan menjamin data putusan tidak terganggu virus, maka diharapkan transper data harus melalu email.

Pak Ketua mengharapkan agar para Hakim dan Panitera Pengganti harus selalu mengingat email sendiri, password sendiri, sehingga tidak kalang-kabut dalam mentranspser data ke orang lain yang diperlukan. Oleh karena waktu yang terlalu singkat maka, bintek ini akan dilakukan secara berkesinambungan dan Bapak Hakim dan Panitera pengganti jangan bosan belajar ini, tutur pak Ketua dalam sela sela bintek. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, untuk hari ini bintek kita padai dan selamat bekerja. (TIM REDSKTUR MS. ACEH).

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019