msaceh

15 Okt

Ketua MS Aceh Hadiri Pembukaan Pendidikan Kader Ulama Di MPU Aceh

Banda Aceh l ms-aceh.go.id

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh melaksanakan pendidikan kader ulama angkatan ke III tahun 2019. Kegiatan pendidikan dan pengkaderan ulama tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan ulama yang mumpuni dan yang mampu menjawab dinamika perkembangan keulamaan di tengah-tengah masyarakat. Peserta pendidikan ulama tersebut berjumlah 24 orang yang berasal dari Kabupaten/Kota se Provinsi Aceh.

Hadir dalam kegiatan yang digelar di MPU Provinsi Aceh itu antara lain Wakil Ketua MPU Aceh H. Abu Daud Zamzami, Kepala Sekretariat MPU, mantan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh H. Jufri Ghalib, utusan MUI Provinsi Sumatera Utara, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh H. Abd. Hamid Pulungan dan undangan lainnya.  

Menurut penjelasan panitia, pendidikan kader ulama angkatan ke III ini akan berlangsung selama 40 hari. Sedangkan tenaga pengajar atau tutor adalah para Ulama dan kalangan akademisi terutama dalam bidang ilmu agama dan kemasyarakatan.

“Pendidikan kader ulama ini akan berlangsung selama 40 hari dan peserta akan menerima pembelajaran dari para Ulama maupun pihak akademisi,”  ujar Ketua Panitia.

“Biaya pendidikan kader Ulama ini berasal dari anggaran yang ditampung pada APBD Pemerintah Aceh,” tambahnya lagi.

Dalam perbincangan dengan H. Abu Daud Zamzami, Ulama kharismatik ini menjelaskan bahwa tugas dan tanggungjawab MPU antara lain mencetak Ulama yang akan diterjunkan di tengah-tengah masyarakat. Disebutkan oleh Ulama yang telah berusia 84 tahun ini, bahwa pendidikan kader Ulama yang dilaksanakan sekarang ini belum cukup waktunya untuk mencetak seorang Ulama. Tapi, urainya lebih lanjut, dengan pendidikan yang memakan waktu hanya 40 hari tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi peserta untuk belajar lagi di Dayah-dayah yang tersebar di pelosok Aceh.

“Dengan pendidikan kader Ulama yang dilaksanakan sekarang ini diharapkan lahir Ulama yang mempunyai ilmu dan berakhlakul karimah serta dapat dibanggakan di tengah-tengah masyarakat,” ujar H. Abu Daud Zamzami.

Dalam acara pembukaan pendidikan yang digelar di aula MPU tersebut, peserta didik berikrar akan mengikuti pendidikan dan latihan dengan baik serta bersedia dijatuhi sanksi apabila melanggar peraturan yang dibuat oleh panitia.

 

 

 

 

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019