msaceh

23 Sep

Launching E-Talap Dan Pembinaan Dirjen Badan Peradilan Agama MARI di Mahkamah Syar’iyah Aceh

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI. Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H melakukan pembinaan dan sekaligus melaunching Aplikasi E-Talap (Elektronik Tata Laksana Administrasi Perkantoran), acara yang dilaksanakan pada Ahad malam tanggal 22 September 2019 pukul 20.30 Wib. diikuti oleh semua Ketua Pengadilan Tinggi Agama se Indonesia yang hadir, Para hakim Tinggi, pejabat struktural/fungsional Mahkamah Syar’iyah Aceh, sebagian hakim Pengadilan Tinggi Agama Medan, Para Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Mahkamah Syar’iyah se Aceh.

Pada saat Launching Bapak Dirjen memberi apresiasi yang sangat tinggi atas berhasilnya dibangun sebuah aplikasi tata laksana Administrasi perkantoran yang disebut dengan e-talap yang baru saja dilaunching, meskipun hanya dapat diakses oleh jajaran Mahkamah Syar’iyah se Aceh, maka ke depan ia yakin bahwa pengelola Administrasi di Mahkamah Syar’iyah di Aceh akan lebih mudah dan mutu pelayanan publik dapat ditingkatkan, sehingga tingkat kepuasan masyarakat akan meningkat.

Pada sesi kedua, Bapak Dirjen Badilag MARI melanjutkan materi pembinaan kepada aparatur Mahkamah Syar’iyah di Aceh dengan tiga point penting yang merupakan point-point pembaharuan di jajaran peradilan Agama untuk menuju peradilan yang agung yaitu :

  1. Penjelasan tentang pemanfaatan aplikasi E-Legitasi.
  2. Peluncuran/launching 9 aplikasi hasil rancang bangun oleh ASN Peradilan Agama tentang kemudahan berperkara bagi masyarakat.
  3. Mengaudit implementasi SIPP baik secara nasional maupun dalam Wilayah Aceh.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa Mahkamah Agung Setelah melaunching aplikasi E Count tahun yang lalu dan tahun ini telah berhasil merancang bangun dan melaunching aplikasi E Ligitasi yang merupakan pengembangan dari aplikasi e Count, kata beliau bahwa dengan aplikasi ini tidak hanya Pengacara yang dapat berperkara secara elektronik, masyarakat biasa pun dapat menggunakan aplikasi ini untuk memasukan perkara ke Pengadilan, pihak tidak perlu datang secara rutin ke pengadilan untuk mengikut persidangan namun cukup berinteraksi lewat elektronik.

Sembilan aplikasi yang dilaunching oleh Bapak Dirjen Badilag pada tanggal 18 September 2019 kemaren adalah hasil karya putra putra Badilag, tanpa campur tangan pihak ketiga, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang dicapai, ini pertanda bahwa jajaran Badilag masih terdepan dalam usaha menuju peradilan yang agung, Sembilan aplikasi tersebut adalah bentuk kemudahan bagi pencari keadilan dalam mencari sebuah putusan yang diinginkan. Masyarakat tidak perlu antri dalam penunggu persidangan, saat mendaftar perkara, system penyimpanan data perkara semua sudah ter koneksi dengan  Sembilan aplikasi tersebut.

Kemudian beliau memaparkan sejauh mana kinerja aparatur masing masing Satker di jajaran Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam menyelesaikan perkara melalui SIPP dan juga memaparkan tentang realisasi anggaran DIPA baik DIPA 01 maupun 04 dan beliau menegaskan bagi Satker yang rapornya masih kuning supaya diusahakan hijau, bagi yang rapor merah s dipacu supaya mendapatkan hijau. Bagi yang rapor kinerjanya hijau terutama bagi yang mendapat rangking 10 besar, terimakasih, dan dapat dipertahankan dimasa yang akan datang. Saya senang datang ke Aceh karena banyak Satker yang rapornya bagus.

Terakhir kepada seluruh jajaran Aparatur Mahkamah Syar’iyah diharapkan agar dapat memacu kinerja dan menyambut 9 aplikasi ini dengan suasana optomis dan terimakasih kepada Bapak Ketua Mahkamah Syar’iay Aceh yang akan purnabakti atas amal baktinya selama ini dan telah membawa Mahkamah Syar’iyah Aceh ini lebih baik. ( Tim Redaktur MS. Aceh).                   

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019