msaceh

22 Jul

Panitera Mahkamah Syar’iyah Aceh Sosialisasikan Hasil Rapat Persiapan Rakernas Ipaspi Tahun 2019

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Jajaran Kepaniteraan dan Pejabat Sekretariatan Mahkamah Syar’iyah Aceh mengikuti Sosialisasi Hasil Rapat Persiapan Musyawarah Nasional Ikatan Panitera Sekretaris Peradilan Indonesia (IPASPI) Tahun 2019 oleh Bapak Panitera Mahkamah Syar’iyah Aceh (Syafruddin).

Acara sosialisasi tersebut berlangsung pada hari Senin tanggal 22 Juli 2019 di Aula Zainal Abidin Lantai II Mahkamah Syar’iyah Aceh dipandu oleh Bapak Wakil Panitera (Azhar A). Dalam Materi sosialisasi tersebut Panitera Mahkamah Syar’iyah Aceh yang juga sebagai Penasehat IPASPI Cabang Mahkamah Syar’iyah Aceh menyampaikan bahwa rapat tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 19 Juli 2019 (satu hari penuh) di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan dihadiri oleh Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding empat lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia dan yang menjadi Nara Sumber pada rapat tersebut antara lain adalah Bapak Panitera MARI., mantan KPT. DKI Jakarta dan dua orang mantan Pengurus Pusat  IPASPI  yaitu Bapak Anton dan Bapak Bahren Lubis.

Selanjutnya Bapak Panitera menyampaikan bahwa materi pokok pada rapat tersebut adalah membahas perencanaan Pelaksanaan RAKERNAS IPASPI, membahas draf Kode Etik IPASPI, Restruktur organisasi Kepaniteraan dan Kesekretariatan pasca Perma Nomor 7 tahun 2015, membahas pelaksanaan MUSCAB dan MUSDA masing masing Daerah harus dilaksanakan secepatnya sebelum Munas dilaksanakan, sedangkan jadwal MUNAS secara kongkrit  setelah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Ketua Mahkamah Agung dan paling lambat tanggal 04 Agustus 2019 persiapan semua tahap sudah selesai.

Disamping itu juga dibicarakan mekanisme pemungutan, penerimaan dan penggunaan Iuran anggota agar disosialisasikan secara tuntas, agar Anggota mengetahui secara pasti penggunaan iuran tersebut.

Dalam rangka menyukseskan MUNAS tersebut, kepada masing-masing Cabang agar dapat membahas dan memberi masukan yang konstruktif terhadap draf yang akan dibahas dalam MUNAS tersebut secara menyeluruh agar tidak ada yang tertinggal atau terlupakan.

Dalam Rapat Sosialisasi tersebut telah dibungkus beberapa kesimpulan yang segera dilaksanakan oleh IPASPI Cabang Mahkamah Syar’iyah Aceh, yaitu segera melaksanakan MUSCAB. dan segera membahas draf rancangan bahan untuk MUNAS tersebut. Insya Allah pada hari itu juga telah terbentuk TIM membahas Rancangan tersebut yang diketuai oleh Wakil Panitera, Para Panitera Muda, Kabag. Umum dan Keuangan Drs. H. A. Murad, M.H., Ratna Juita, S.Ag., S.H., M.H., Drs. Sabri, S.H. selaku Sekretaris TIM., Kabag. Perencanaan dan  Kepegawaian,  dan Para Kasub.bag. serta mulai action hari Selasa besok.

Kemudian yang menyangkut Muscab akan dikonsultasi terlebih dahulu dengan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, dipastikan dalam waktu dekat akan dilaksanakan tentunya dengan penyusunan Program Kerja dan pemilihan pengurus baru Cabang Periode mendatang, sedangkan jadwal rencana MUSDA terlebih dahulu dikonsultasikan dengan Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Pengadilan Militer 1-01 Banda Aceh dan Pengadilan Tata Usaha Banda Aceh.

            Rapat Sosialisasi ini mendapat perhatian serius dari semua peserta rapat dan ikut aktif memberi masukan  terhadap kemajuan organisasi Juru tulis ini dimasa mendatang, semua peserta menaruh perhatian agar organisasi ini kembali berjaya dimasa yang akan datang sebagai wadah atau media menyampaikan aspirasi khususnya anggota IPASPI. Insya Allah, Amin. (TIM REDAKTUR MS.ACEH)

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019