Print this page
10 Jun

Panitera Pimpin Apel Hari Pertama Masuk Kantor Usai Libur Idul Fitri | 10/6

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Apel Perdana 10 Juni 2019 setalah libur panjang sejak 2 juni s.d 9 juni 2019 kemarin berlangsung khitmat, bertempat di halaman Kantor Mahkamah Syar'iyah Aceh, Kegiatan Apel rutin diikuti oleh Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional, serta seluruh Pegawai Mahkamah Syar'iyah Aceh, bertindak sebagai Pembina Apel Panitera Mahkamah Syar'iyah Aceh Bapak Drs Syafruddin dengan Komandan Apel Saudara Heri Irawan.

Dalam amanat pembina apel menyampaikan beberapa hal terkait kedisiplinan dan pentingnya silaturrahim.

Setelah menyampaian ucapan Minal Aidzin Wal Faidzin dan permohonan maaf tidak dapat bersilaturahmi kesesama keluarga besar Mahkamah Syar'iyah Aceh karena terpaksa berlebaran di rumah sakit, Panitera mengingatkan tentang konsekuensi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Mahkamah Syar'iyah Aceh jika tidak hadir dan masuk kantor hari ini tanggal 10 juni 2019. Panitera menyampaikan sanksi tegas menanti jika ada yang tidak masuk tanpa ada keterangan dan ijin yang jelas. Sanksi yang diberikan akan bervariasi sesuai dengan tingkat pelanggaran yang tertera dalam Pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Sebelumnya, presiden Jokowi telah menetapkan masa cuti bersama Idul Fitri 1440 H mulai tanggal 3 hingga 7 Juni 2019 melalui Keputusan Presiden nomor 12 tahun 2019.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah mengeluarkan surat imbauan bagi seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan Pejabat Yang Berwenang (PYB) untuk mengawasi kehadiran PNS pada hari pertama masuk kerja tanggal 10 Juni, disusul dengan Imbauan Menteri PANRB Nomor B/26/M.SM.00 tertanggal 01 Juni 2019.

Imbauan ini berlaku untuk PPK ddan PYB di seluruh tingkat. Baik pemerintah pusat maupun daerah. Pimpinan harus mengawasi ASN di wilayah kerjanya masing-masing, laporan Hasil Pemantauan Kehadiran ASN sesudah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H dapat diinput melalui aplikasi http://sidina.menpan.go.id pada hari Senin tanggal 10 Juni selambat-lambatnya pukul 15.00 WIB.

Dalam pasal tersebut sanksi yang diberikan bisa berupa teguran lisan, tertulis, penangguhan kenaikan gaji, pemotongan tunjangan, penundaan kenaikan pangkat, hingga penurunan pangkat. Penjatuhan hukuman disiplin kepada ASN akan dilaporkan kepada Menteri PANRB serta ditembuskan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) paling lambat 10 Juli 2019.

Panitera juga meningatkan kembali pentingnya menjaga tali “Silaturahmi” antar sesama, seperti yang diperlihatkan daerah-daerah lain yang sangat baik dan terjaga hubungan silaturahminya. Silaturahmi dapat dilaksanakan kapan saja, mengunjungi saudara yang sakit, dan terkena musibah, dan juga silaturahmi disaat suasana Lebaran. Panitera mengajak untuk semua agar saling memperkuat persaudaraan dan silaturahmi antar sesama dan saling mengunjungi jika ada dari teman-teman yang lain sedang mendapatkan musibah tidak terkecuali baik pejabat ataupun hanya staf. |(GamInong)

 
Rate this item
(0 votes)