msaceh

29 Apr

Bukti Pengakuan Dalam Perkara Zina dan Qadhaf Didiskusikan di Mahkamah Syar’iyah Aceh

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Pengakuan dalam perkara Jinayat khusus dalam jarimah Zina dan Qadhaf  merupakan pembuktian dalam penerapan Jarimah, hal ini didasari pasal 37 Qanun Nomor 6 Tahun 2014. Maka bagi para hakim Mahkamah Syar’iyah penerapan pasal tersebut membutuhkan pemahaman yang mendalam dan mengikat, sehingga dalam penentuan jarimah dan hukumannya dapat memenuhi keadilan, baik dimata hukum maupun dimata masyarakat.

Untuk memenuhi hal tersebut Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI, telah memprogramkan untuk melaksanakan diskusi Yudisial per empat bulan disetiap Pengadilan Tingkat banding, dengan menentukan topik yang penting didikusikan di daerah masing-masing, bagi Mahkamah Syar’iyah Aceh menganggap masalah perkara Jinayat adalah perkara penting yang perlu didiskusikan ditingkat banding, karena banyak  terjadi permasalahan dalam penerapan hukuman yang ada kaitannya dengan pembuktian terutama bukti pengakuan.

Mahkamah Syar’iyah Aceh telah melaksanakan  diskusi pada hari Jum’at tanggal 26 April 2019 yang berlangsung di Aula Utama Ahmad Hasballah laitai III Mahkamah Syar’iyah Aceh, acara tersebut melibatkan semua hakim Tinggi, para pejabat Kepaniteraan (Wapan, Panmud dan Panitera Pengganti) Mahkamah Syar’iyah Aceh, Para Hakim, Panitera dan Panitera Muda 6 (enam) Mahkamah Syar’iyah yang terjankau (MS. Banda Aceh, Sabang, Jantho, Sigli, Meureudu dan Calang), acara yang berlansung satu hari penuh dibuka dan ditutup oleh Bapak Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh (Dr.H.M. Jamil Ibrahm, S.H., M.H., M.M), Acara ini langsung dipandu oleh Ketua Panitia Diskusi (Drs.H.Anshary MK., S.H., M.H.),

Acara Diskusi ini menampilkan Nasarumber Tunggal yaitu Bapak Drs.H. Juwaini, S.H., M.H) yang pada pokoknya mengupas masalah pembuktian yang terpokus pada alat bukti pengakuan pada jarimah Zina dan Qadhaf, lalu materi tersebut dikupas dan dibahas oleh empat kelompok yang terdiri dari Hakim Tinggi, Hakim dan Pejabat Kepaniteraan, diskusi Kelompok tersebut berjalan alot dan selesai pada pukul 16.000. Wib, selanjutnya ba’da ashar dilanjutkan perumusan  oleh TIM Perumus yang terdiri dari Pada Hakim Mahkamah Syar’iyah Kabupaten/Kota yang dianggap mampu dan cakap untuk merumuskan hasil diskusi. Akhirnya tepat pukul 18.00 Wib hasil diskusi diserahkan oleh Ketua Tim (Dr.Indra Suhardi, S.H., M.H) kepada Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh yang didampingi oleh Panitera Mahkamah Syar’iyah Aceh dan Ketua Panitia Diskusi.

Selanjutnya dengan Mengucapkan Ahamdulillah, acara diskusi ditutup oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dengan catatan hasil diskusi ini diinplementasikan dalam proses pemeriksaan perkara Jinayat dan ditularkan kepada Hakim yang lain di tempat kerja Saudara, Amin (TIM REDAKTUR MS.ACEH).

 

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019