logo mahkamah agung website ramah difable
ITEM

Kamis, 01 November 2018 10:02

KETUA MAHKAMAH SYAR’IYAH ACEH MELANTIK 3 (TIGA) PIMPINAN MAHKAMAH SYAR’IYAH BARU

Rate this item
(1 Vote)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Tindak lanjut pembentukan 85 Satker baru di lingkungan Peradilan Agama  Mahkamah Agung RI. dan telah dilakukan Launching Opening oleh Ketua Mahkamah Agung RI di Kepulauan Talaud Sulawesi Utara pada tanggal 22 Oktober 2018, sehubungan dengan ini dalam Wilayah Hukum Mahkamah Syar’iyah Aceh mendapatkan tambahan 3 (tiga) Satker baru yaitu Mahkamah Syar’iyah Blangpidie  pemekaran dari Mahkamah Syar’iyah Tapaktuan, Mahkamah Syar’iyah Kota Subulussalam  pemekaran dari Mahkamah Syar’iyah Singkil dan Mahkamah Syar’iyah Sukamakmue pemekaran dari Mahkamah Syar’iyah Meulaboh,  dengan penambahan tiga Satker tersebut Mahkamah Syar’iyah Aceh sudah membawahi 23 Mahkamah Syar’iyah.

Atas peresmian tersebut, diperintahkan semua pengadilan Tingkat Banding, supaya segera melakukan pelantikan Ketua masing-masing Satker baru karena SK Ketua Mahkamah Agung sudah turun semua, atas perintah tersebut Mahkamah Syar’iyah Aceh segera mempersiapkan prosesi pelantikan ketiga Pimpinan Satker Baru tersebut dan pelantikan tersebut sudah  dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 31 Oktober 2018 di Aula Utama Lt. III Mahkamah Syar’iyah Aceh.

Rangkaian acara dalam rangka pelantikan tiga pimpinan Satker baru tersebut, juga dilaksanakan Wisuda dua orang Hakim Tinggi yang purna bhakti dan  dua orang Panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh yang Purna Tugas dan sekaligus pada hari itu dilakukan pelantikan Hakim, Pejabat Kesekretariatan dan Pejabat Kepaniteraan oleh masing-masing Ketua Mahkamah Syar’iyah yang baru saja dilantik, serta pada malam hari dilakukan pembinaan oleh Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh kepada Pimpinan Mahkamah Syar’iyah Kabupaten Kota termasuk yang baru dilantik, di samping itu juga Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh juga melantik dua orang Panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh yang mutasi dari Mahkamah Syar’iyah Kabupaten Kota.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI. Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh melantik dua orang Ketua dan Satu   orang Wakil Ketua yaitu :

  1. Bapak Amrin Salim, S.Ag., M.A. sebagai Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangpidie yang sebelumnya sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Balige Kelas II.
  2. Bapak Irhkam Soderi, S.Hi., M.Hi. sebagai Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Sulamakmue yang sebelumnya sebagai Hakim pada Pengadilan Agama Tulang Bawang Kelas II.
  3. Bapak Solahuddin Sibagabariang, S.Ag., M.H. sebagai Ketua Mahkamah Syar’iyah Kota Subulussalam Kelas II.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI. telah melantik dua orang Panitera pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh yaitu :

  1. Drs. A. Murad, M.H.yang sebelumnya sebagai Panitera Pada Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Kelas IA, dan
  2. Drs. Syamsul Qamar, M.H. yang sebelumnya sebagai Wakil panitera pada Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe Kelas IB.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi Wisuda Purnabakti dua  orang Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh dengan diawali dengan pembacaan Profil masing-masing  Wisudawan secara singkat, penyerahan tanda jabatan hakim oleh Wisudawan, pengalungan bunga dan pelepasan dengan mengiringi Wisudawan meninggalkan ruang pertemuan mengumandangkan  lagu Rayuan Pulau Kepala.

Selanjutnya kesan dan pesan dari wisudawan yang pada intinya adalah mengharapkan kepada seluruh hadirin supaya meskipun mereka sudah purna manun silaturrahmi tetap terjaga dan terjalin, kemudian kepada rekan-rekan hakim, Panitera pengganti serta seluruh pegawai supaya bekerjalah sebaik baik mungkin dan bekerjalah dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh.

Bapak Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh (Dr.H. M. Jamil Ibrahim, S.H., M.H., M.M.) dalam pengantar tugasnya menjelaskan bahwa kepada Ketua-ketua yang baru dilantik diharapkan supaya dapat melaksanakan tugas di Aceh dengan baik, pelajari dan dalami kearifan lokal dimana saudara bertugas, masalah Jinayat harus saudara pelajari dan dalami karena itu adalah tugas pokok kita. Mendukung penegakan Syariat Islam sebagai kearifan lokal di Aceh, apalagi Mahkamah Syar’iyah adalah salah satu lembaga penegakan Syariat islam yang sangat menentukan.

Selanjutnya Ketua juga menyampaikan kepada Ketua-Ketua yang baru dilantik supaya setelah prosesi ini selesai segera laksanakan tugas dan rencanakan hal-hal yang penting yang harus dilaksanakan sebagai Satker baru, dan selanjutnya menjaling hubungan baik dengan semua pihak terutama kepada sesama instansi penegak hukum dan Pemerintah Daerah setempat.

Kepada yang akan purnabakti, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang  baik selama ini dan atas amal baktinya kepada lembaga ini, hendaknya meskipun sudah pensiun, namun silaturrahmi tetap tersambung diantara kita. Acara ini di akhir dengan penyerahan cindera hati untuk Bapak Ibu yang pensiun, dan diakhiri dengan salam salaman

Kemudian pada pukul 14.00 Wib pada hari yang sama dilanjutkan pelantikan Hakim, Pejabat Kepaniteraan dan Pejabat kesekretariatan oleh masing-masing Ketua yang berlangsung juga di Aula Utama Lt. III Mahkamah Syar’iyah Aceh, Proses pelantikan personil tersebut diawali oleh Mahkamah Syar’iyah Kota Subulussalam, Mahkamah Syar’iyah Sukamakmue dan terakhir Mahkamah Syar’iyah Blangpidie, acara pelantikan pejabat dilingkungan tiga Mahkamah Syar’iyah tersebut dipandu secara detil dan tuntas oleh Mahkamah Syar’iyah Aceh, sehingga acara berjalan lancar dan sesuai dengan protokoler Mahkamah Agung RI.

Dengan mengucapkan Alhamdulillah bahwa acara sudah selesai, selanjutnya MC (Ratna Juita, S.Ag., S.H., M.H) mengucapkan terima kasih kepada seluruh kerabat kerja dan sampai jumpa. Amin Yarabbal Alamin  (TIM REDAKTUR MS. ACEH).

Read 141 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Typography Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi