logo mahkamah agung website ramah difable
ITEM

Jumat, 26 Oktober 2018 08:29

Mahkamah Syar’iyah Aceh Menggelar Bimtek Perkara Jinayat Di Hotel Grand Nanggroe

Rate this item
(1 Vote)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Mahkamah Syar’iyah Aceh bekerja sama dengan Dinas Syariat Islam telah mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek)  penyelesaian perkara Jinayat, acara yang berlangsung sejak tanggal 18 sampai dengan tangga 20 Oktober 2018 tersebut digelar di Hotel Grend Nanggroe Banda Aceh.

Acara Bimtek tersebut diikuti oleh Pejabat Kepaniteraan di seluruh Mahkamah Syar’iyah Kab. Kota yang terdiri dari Panitera Muda Jinayat, Panitera Pengganti dan Admin SIPP yang keseluruhannya berjumlah 60 orang.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh (Dr. EMK. Alidar, S.Ag, M.Hum) dalam sambutan nya menyampaikan bahwa Bimtek penyelesaian perkara Jinayat ini dilaksanakan atas kerja sama antara Dinas Syariat Islam dan Mahkamah Syar’iyah Aceh dan dengan harapan agar penyelesaian perkara Jinayat di Aceh dapat berjalan sebagaimana mestinya dan para peserta Bimtek ini diharapkan dapat mengikuti acara ini dengan tekun dan sungguh sampai selesai, agar ilmu yang didapat dapat berguna dalam pelaksanaan tugas di daerahnya  masing-masing. Di samping itu juga kegiatan ini bertujuan untuk mensinergikan infrastruktur dan sumber daya manusia dengan upaya menegakkan hukum Syariat islam di Aceh.

Pada acara tersebut dalam arahan nya Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh (Dr. H. M. Jamil Ibrahim, S.H., M.H., M.M.) , menjelaskan bahwa Bimtek penyelesaian perkara JInayat ini sangat penting, karena ini adalah kearifan lokal Aceh yang wajib kita sahuti sebagai tugas pokok di jajaran Mahkamah Syar’iyah, di samping itu diharapkan akan terwujud  Panitera Muda Jinayat  dan Panitera pengganti yang professional dalam  penyelesaian perkara Jinayat sesuai dengan  aturan yang berlaku.

Antara sesama penegak hukum  dapat terjadi persamaan persepsi dalam proses pelaksanaan syariat islam di Aceh, dengan adanya Bimtek ini lebih memudahkan bagi masyarakat  terutama bagi pencari keadilan dan akan lebih cepat pengajian pelaporan dan kemudahan akses bagi masyarakat mengenai perkara Jinayat dalam SIPP.  demikian sambutan dari pimpinan  kedua instansi tersebut.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana (Kabid Bina Hukum dan HAM Dinas Syariat Islam (Husni, M.Ag) dalam laporannya menyebutkan bahwa para pematri  pada Bimtek ini adalah : Bapak Dr. EMK. Alidar. S.Ag., M.Hum (Kepala Dinas Syariat Islam Aceh), Materi  Kedudukan Hukum Syariat islam dalam Hukum Nasional, Drs. Syafruddin/Dra. Hj. Aklima Djuned, (Panitera/Panitera Muda Jinayat), dengan materi Penanganan perkara Jinayat menurut Qanun, Ibu Dra.Hj. Rosmawadani, S.H., M.H (Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh),  dengan materi Peran Panitera Muda Jinayat dan Panitera pengganti dalam Menyelesaikan Perkara Jinayah, Bapak Amrayata, S.H., M.H), dengan materi  Tata Cara Penuntutan Perkara Jinayat Sesuai Qanun, Bapak Drs.H. Zulkifli Yus, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh)  dengan materi Proses Administrasi Penerimaan dan penyelesaian Perkara Jinayah dan Bapak Heri Irawan, A,Md, materinya Sistem Penelusuran Informasi Perkara Jinayat.(SIPP).

            Acara yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, berjalan lancar dan semua peserta sangat aktif dan bersemangat dalam mengikuti semua materi yang diberikan oleh narasumber. Pada forum diskusi banyak terjadi tanya jawab dan dialog yang sangat alot, ini pertanda bahwa peserta masih banyak yang ingin diketahui terutama masalah penyelesaian perkara jinayat,

            Dalam hal ini diharapkan agar Bimtek semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin, minimal satu tahun sekali, pinta sebagian peserta, dan Panitia menyahuti, Insya Allah. Amin ( TIM REDAKTUR MS. ACEH)

Read 112 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Typography Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi