msaceh

21 Apr

KMS Aceh Membuka Secara Resmi Bimtek Penyelesaian Perkara Jinayat

Banda Aceh | KMS Aceh Membuka Secara Resmi Bimtek Penyelesaian Perkara Jinayat bagi Para Panitera Pengganti, Panitera Muda dan Operator Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) 23 Mahkamah Syar'iyah Se Wilayah Aceh, didampingi beberapa pejabat dari Dinas Syariat Islam Aceh beliau menyampaikan beberapa hal sebelum membuka secara resmi acara Bimtek.

Dalam Sambutan KMS Aceh menyampaikan pentingnya peningkatan SDM baik bagi panitera apalagi hakim didalam menangani perkara-perkara jinayat di Aceh. Apalagi bagi hakim, seorang hakim harus dapat menggunakan keyaninannya dalam menilai bukti bukti dalam pesidangan. Selama ini hakim masih cenderung menggunakan pola pembuktian perkara perdata, sehingga di khawatirkan akan mengurangi rasa keadilan bagi korban.

Beliau juga memandang perlu dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada para aparatur pengadilan agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memberikan semua pelayanan baik kepada masyarakat pencari keadilan dan juga masyarakat umum.

Bimtek yang diikuti oleh 75 Peserta yang terdiri dari Panite/Panitera Muda, Panitera Pengganti dan juga Petugas Pelaporan/Operator Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dari Mahkamah Syar'iyah Se wilayah Mahkamah Syar'iyah Aceh. Turut hadir dalam pembukaan menjelang berbuka puasa adalah Hakim Tinggi Mahkamah Syar'iyah Aceh, dan Sekretaris Mahkamah Syar'iyah Aceh Bpk H. HILMAN LUBIS, S.H, M.H.

Bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari kedepan sejak tanggal 20 s.d 22 April 2022 di Grand Aceh Hotel Banda Aceh. Dengan narasumber yang terdiri dari Akademisi, Narasumber dari Mahkamah Syar'iyah Aceh dan juga dari Badilag Mahkamah Agung RI.

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun di banda aceh ini terlaksana atas kerjasama dan dukungan Pemerintah Aceh yang dalam hal ini melalui Dinas Syariat Islam Aceh yang salah satu tugasnya sebagai supporting unit Mahkamah Syar'iyah dalam penerapan syariah islam di Aceh

 

Post : HI

 

 
Rate this item
(0 votes)
back to top
lapor.png maklumat_pelayanan.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019