msaceh

14 Agu

Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Silaturrahmi Dengan Bupati Aceh Barat

Banda Aceh I ms-aceh.go.id
 
Bupati Aceh Barat H. Ramli MS, S.Pd., M.Si beserta unsur Forkopimda dan Sekda Aceh Barat menyambut kunjungan silaturrahmi Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Dra. Hj. Rosmawardani, SH., MH di ruang Rapat Kantor Bupati Aceh Barat.
Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh yang didampingi Hakim Tinggi MS. Aceh Drs. Darmansyah Hasibuan, SH. MH dan juga Ketua Mahkamah Syar'iyah Meulaboh Sahril, S.H.I., MH beserta jajarannya menyampaikan tentang sejarah dan kedudukan Mahkamah Syar'iyah yang diraih dengan penuh perjuangan tetesan darah dan air mata, sebab Mahkamah Syar'iyah ini hanya ada di Aceh yang kewenangannya berbeda dengan kewenangan Pengadilan Agama yang ada di luar Aceh.
Dalam kesempatan yang sama juga bu Ros yang dikenal sebagai tokoh pemerhati Perempuan dan anak mengatakan bahwa sekarang ini ada peningkatan kasus yang berkaiatan dengan tindak pidana atau jarimah yang korbannya anak yang dilakukan oleh orang dewasa dan juga dilakukan oleh anak yang baru dewasa atau berusia skitar 19 tahun ke atas. Untuk itu beliau mengharapkan kepada semua unsur mulai dari Pemerintah Daerah, MPU, tokoh masyarakat, tokoh adat dan semua pemangku kepentingan lainnya untuk berkolaborasi melakukan tindakan pencegahan agar dapat menurunkan atau menekan angka tindak pidana asusila dimaksud.
 
Dibagian akhir sambutannya bu Ros panggilan akrab beliau, menjelaskan tetang kondisi kantor Mahkamah Syar'iyah Meulaboh yang dibangun oleh BRR belum dilengkapi dengan ruang sidang anak, ruang tahanan perempuan dan anak serta fasilitas lainnya yang digunakan untuk melayani masyarakat Aceh Barat. Oleh karena kondisi pertapakan kantor yang ada sekarang terlalu sempit untuk membangun kantor yang prototype maka beliau meminta bantuan hibah tanah dari Pemda Aceh Barat yang lokasinya berada di pinggir jalan nasional supaya mudah dijangkau oleh masyarakat.
 
Mengawali Arahan dan sambutannya  Bupati Aceh Barat H. Ramli mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh yang baru pertama kali ini beliau merasa ada perhatian Mahkamah Syar'iyah dari tingkat provinsi terhadap Pemerintah Daerah, khususnya ke Aceh Barat.
Selanjutnya beliau menyampaikan kesediaan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat untuk memberikan hibah pertapakan tanah untuk kantor Mahkamah Syar'iyah Meulaboh seberapa luas yang diperlukan. Saya persilakan kepada Ketua Mahkamah Syar'iyah Meulaboh untuk memilih tanah Pemkab mana yang diinginkan dan sampaikan permohonan tertulis dan begitu sampai ke meja saya langsung saat itu juga saya disposisi agar ditindaklanjuti, tandas pak Bupati dengan penuh semangat.
Adapun tindakan pencegahan yang dimohonkan oleh bu Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh, pak Bupati menyampaikan akan membentuk Kadarkum yang dimotori oleh Dinas Syariat Islam agar angka kejahatan seksual dapat ditekan di masyarakat Aceh Barat, kendatipun selama ini Pemkab Aceh Barat telah membentuk kampung muslimin di beberapa tempat.
Di akhir sambutannya, Bupati Aceh Barat menyampaikan bahwa Pemkab Aceh Barat di bawah kepemimpinannya siap bekerjasama dengan Mahkamah Syar'iyah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Aceh Barat demi tegaknya Syariat Islam di bumi Aceh tercinta ini.
#humasmsaceh#
Rate this item
(0 votes)
back to top
Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019