msaceh

10 Mei

Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Kunjungi Serambi Indonesia

Banda Aceh I ms-aceh.go.id
Dalam rangka mensosialisasikan Tupoksi dan Sejarah Berdirinya Mahkamah Syar'iyah di Aceh, Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Dra. Hj. Rosmawardani, SH.,MH melakukan kunjungan silaturrahmi ke Serambi Indonesia.
Kedatangan Ketua bersama rombongan disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi,  pak Zainal Arifin dan Kordinator liputan, pak Bukhari, dan Mas Rijal.
Dalam kata pengantarnya Kordinator liputan mengatakan  merasa terhormat dengan adanya kunjungan dari Mahkamah Syar'iyah Aceh.
Mengawali sambutannya, Pemimpin Redaksi, Zainal Arifin memperkenalkan Serambi Indonesia kepada rombongan, dengan menyampaikan bahwa Serambi Indonesia memiliki media dua media cetak yakni Serambi yang memuat berita berita umum dan besar dan Prohaba Serambi yang sepesifik tentang berita-berita kriminal.
Selain media cetak Serambi Indonesia juga ada memiliki media online dan juga Radio Serambi FM
Setelah Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh memperkenalkan rombongan yakni: Drs. Darmansyah Hasibuan, SH., MH, Hakim Tinggi MS. Aceh, Drs. Safruddin, Panitera dan Syabri sebagai petugas humas Mahkamah Syar'iyah Aceh, bu Ros kemudian menjelaskan tentang sejarah Mahkamah Syar'yah di Aceh, yang merupakan salah satu lembaga keistimewaan di Aceh. Hal ini perlu disampaikan dan disosialisasikan ke masyarakat karena akhir akhir ini dirasakan sudah mulai banyak yang melupakan sejarah perjuangan tersebut dan juga terlihat ada kecenderungan anggapan bahwa kewenangan Mahkamah Syar'iyah hanya perkara ahwalus syakhshiyah seperti perceraian dan juga dipandang Mahkamah Syar'iyah hanya merupakan  instansi vertikal yang tidak ada hubungannya dengan Pemerintah Aceh.
Padahal kewenangan yg ada sekarang selain tentang ahwalus syakhshiyah juga tentang ekomomi Syariah dan Jinayah.
Dengan berlakunya qanun Lembaga Keuangan Syariah di Aceh,  maka seluruh lembaga keuangan syariah bila ada sengketa maka muaranya ke Mahkamah Syariah, seperti Leassing, pegadaian, asuransi dan seluruh perbankan yang ada di Aceh.
Tentang perkara jinayah, sampe sekarang sudah ada 10 jarimah atau tindak pidana yang sudah diserahkan kewenangannya ke Mahkamah Syar'iyah. 
Lebih lanjut Bu Ros yang merupakan srikandi pejuang syariat Islam di Aceh ini menyatakan memang secara struktural Mahkamah Syar'iyah adalah instansi vertikal di bawah naungan Mahkamah Agung, tapi secara subtansial berdasarkan UU No. 11 tahun 2006 pasal 136 ayat 2 dijelaskan bahwa Penyediaan Sarana dan prasarana serta penyelenggaraan kegiatan Mahkamah Syar'iyah dibiayai dari APBN, APBA dan APBK.
Seharusnya dengan adanya bunyi Undang- undang seperti ini, maka Pemerintah Aceh bersama DPRA, serta Pemerintah Kabupaten/Kota bersama DPRK nya sudah menganggarkan keperluan yang berkaitan dengan Mahkamah Syar'iyah tanpa harus menunggu Mahkamah Syar'iyah melakukan pendekatan dan mengajukan permohonan, tapi cukup Pemerintah Aceh proaktif mengalokasiakannya setelah meminta kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh Mahkamah Syar'iyah. 
Oleh karenanya kedatangan Mahkamah Syar'iyah ke Serambi Indonesia ingin bekerjasama untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi Mahkamah Syar'iyah ke masyarakat Aceh termasuk kepada pemangku kepentingan di Aceh.
Menyahuti keinginan yang disampaikan bu Ketua tersebut, pihak Serambi Indonesia menyatakan siap dan bersedia bekerja sama dengan pihak Mahkamah Syar'iyah yang ada di provinsi maupun di Kabupaten/kota.
Karena setelah mendengar penjelasan dari pihak Mahkamah Syar'iyah ternyata banyak yang dikerjakan oleh Mahkamah Syar'iyah yang selama ini kami anggap sepi saja dan tertutup.
Oleh karenanya diharapkan juga supaya 
Pihak Mahkamah pro aktif memberikan informasi supaya setiap hari ada berita Mahkamah Syar'iyah di media, dan pada saatnya masyarakat akan mengenal lebih luas tentang TUPOKSI Mahkamah Syar'iyah.
Diakhir kunjungan tersebut Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh menyerahkan sebuah buku dan laporan keadaan perkara yang ditangani Mahkamah Syar'iyah se Aceh tahun 2020 yang lalu.
#humasmsaceh#
 
Rate this item
(0 votes)
back to top
Waka_MA.jpg YM_KMA.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019