msaceh

27 Apr

Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Menghadiri Pengukuhan Keanggotaan Dewan Syariah Aceh.

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Dra. Hj. Rosmawardni, SH. MH. menghadiri Pengukuhan Keanggotaan Dewan Syariah Aceh Masa Jabatan 2021 - 2026.

Acara Pengukuhan dilaksanakan di Anjong Mon Mata Banda Aceh.

Selepas diadakan pengukuhan, tim dari humas MS. Aceh langsung meminta tanggapan dari Ketua MS. Aceh terkait dengan acara yang baru beliau ikuti.

Dalam menyahuti permintaan dari tim humas  tersebut, bu Ros yang merupakan panggilan akrab beliau menjelaskan

Dengan dibentuknya Dewan Syariah Aceh akan semakin mendorong laju pelaksanaan prinsip syariah di Aceh baik Lembaga Keuangan bank maupun non bank, seperti perasuransian, Pasar Modal, Leasing, Pegadaian, dan lain lain Hal ini tentu perwujudan dari Qanun LKS Aceh Nomor 11 Tahun 2018.

Dengan diterapkannya prinsip syariah oleh semua lembaga keuangan di Aceh akan memberi tantangan tersendiri bagi Mahkamah Syar'iyah di Aceh dalam menangani banyaknya kemungkinam kasus kasus yang muncul antara lembaga keuangan dengan para nasabahnya.

Sperti adanya sengketa Perbuatan Melawan Hukum oleh lembaga atau nasabah, Wanprestasi dari pihak nasabah, Pembatalan akad, bahkan sampai kepada  eksekusi Hak Tanggungan, eksekusi jaminan fidusia, eksekusi putusan arbitrase, bahkan eksekusi hypotik kapal laut, dan lain lain.

Untuk itu kata beliau, perlu kesiapan sumber daya manusia terutama hakim dan Panitera yang memiliki kompetensi untuk menangani kasus kasus yg saatnya nanti akan banyak bermunculan.

Mengadakan diklat dan Bimtek harus terus dilalukakan berkelanjutan.

Ketika tim menanyakan apakah ada rencana MS. Aceh memperkuat Panitera sebagai ujung tombak pelaksanaan eksekusi dengan cara melakukan promosi dan rotasi, beliu hanya tersenyum tanpa memberi jawaban pasti.


#humasmsaceh#

Rate this item
(0 votes)
back to top
Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019