msaceh

22 Apr

Mahkamah Syar'iyah Aceh menerima kunjungan Kepala Balai Harta Peninggalan

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Mahkamah Syar'iyah Aceh yang diwakili oleh Hakim Tinggi Humas Mahkamah Syar'iyah Aceh, Drs. Darmansyah Hasibuan, SH, MH yang juga dihadiri Sekretaris Ms. Aceh Khairuddin, SH. MH, menerima kunjungan Kepala Balai Harta Peninggalan Medan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara.

Sebelum menyampaikan maksud kedatangannya, Kepala Balai Harta Peninggalan Medan menjelaskan bahwa wilayah kerja Balai Harta Peninggalan Medan mencakup beberapa provinsi yang antara lain termasuk Provinsi Aceh.

Lebih lanjut Beliau menyampaikan bahwa maksud kedatangan beliau adalah untuk merintis kerja sama dalam bentuk adanya Nota Kesepahaman bersama (MOU) antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam hal ini Balai Harta Peninggalan  Medan dengan Mahkamah Syar'iyah Aceh di bidang perwalian, dengan ruang lingkup Putusan/Penetapan yang terkait dengan PERWALIAN dan PENGAMPUAN yang dikeluarkan Mahkamah Syar'iyah se Aceh disampaikan kepada Balai Harta Peninggalan dan Balai Harta Peninggalan akan bertugas selaku Wali Pengawas dan Pengampu Pengawas terhadap perwalian yang telah diputus oleh Mahkamah Syar'iyah. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan dan lelayanan hukum kepada masyarakat secara efektif.

Selain hal tersebut di atas, Balai Harta Peninggalan Medan juga mengharap ada dalam MOU nanti tentang Pengadilan terlebih dahulu meminta pendapat dari Wali Pengawas apabila ada permohonan pengalihan atas harta anak di bawah umur atau yang diampu.

Menyahuti permintaan tersebut, Darmansyah Hasibuan menyampaikan bahwa pihak Mahkamah Syar'iyah.akan mempelajari atau melakukam kajian terhadap rencana MOU tersebut.
#humasmsaceh#

Rate this item
(0 votes)
back to top
Waka_MA.jpg YM_KMA.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019