msaceh

15 Nov

Kejari Pidie Laksanakan Eksekusi Putusan MS Sigli

ms-sigli.go.id

SIGLI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pidie kembali melaksanakan eksekusi hukuman cambuk terhadap 4 (empat) orang pelanggar syari’at islam yang telah di jatuhi hukuman oleh Majelis Hakim Mahkamah Syar’iyah Sigli IB. prosesi eksekusi cambuk tersebut dilaksanakan di halaman Mesjid Agung Al Falah Sigli Kabupaten Pidie, hari Kamis (14/11/2019) setelah menunaikan shalat dzuhur tepatnya pukul 13.30 WIB.

Keempat Terpidana itu terbukti melakukan pelanggaran terhadap Qanun Aceh Nomor 6 tahun 2014 tentang hukum Jinayat. 1 Terpidana melanggar pasal 18 (Maisir/Perjudian), dan 3 Terpidana melanggar pasal 25 ayat (1) jarimah Ikhtilath. Prosesi pelaksanaa cambuk tersebut disaksikan oleh ratusan warga yang berdiri di area masjid dan diteras masjid kabupaten tersebut serta dijaga oleh pihak keamanan. para Terpidana secara bergantian di cambuk oleh tiga algojo.

Hakim MS Sigli Drs. Razali N yang ditunjuk oleh Ketua MS Sigli untuk mengawasi pelaksanaan eksekusi cambuk itu mengatakan bahwa eksekusi hukuman cambuk berjalan lancar. Beliau menyebutkan bahwa 1 pelaku jarimah Maisir yaitu Junaidi bin Syama’un (46) di cambuk 5 (lima) kali dari 8 kali setelah dikurangi masa tahanan. 1 pelaku jarimah Ikhtilath MM (20) warga gampong daya baro kecamatan Batee di cambuk sebanyak 18 kali dari 20 kali setelah dikurangi masa penahanan, dan 2 pelaku lagi ikhtilath yakni ZS (35) warga gampong Baro Yaman di cambuk 27 kali dari 30 kali setelah dikurangi masa penahanan, sedangkan Terpidana perempuan FT (29) yang merupakan warga Gampong Simpang Kecamatan Glumpang Tiga tidak di hukum cambuk 27 kali karena yang bersangkutan sedang hamil sehingga eksekusi cambuk terhadap FT di tunda sampai ia melahirkan.

“Eksekusi cambuk hari ini berjalan lancar, Jaksa sebagai eksekutor melaksanakan tugasnya sesuai dengan Putusan Mahkamah Syar’iyah Sigli. hanya 1 Terpidana yang tidak bisa dilaksanakan cambuk pada hari ini karena ia sedang hamil, sehingga hukuman cambuk untuk dia harus di tunda sampai melahirkan dan sehat kembali. mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi masyarakat Pidie“. Demikian kata Hakim MS Sigli Drs. Razali N.

(FR)

Rate this item
(0 votes)
back to top

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019