logo mahkamah agung website ramah difable
ITEM

Rabu, 07 November 2018 08:06

MS Bireuen : Pelayanan Terpadu Isbat Nikah Gelombang Ke-II Tahun 2018

Rate this item
(0 votes)

ms-bireuen.go.id | Selasa tanggal 06 November 2018, Mahkamah Syar’iyah Bireuen melaksanakan kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah yang bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini terselenggara berkat bekerjasama dengan Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen, serta Kementerian Agama Kabupaten Bireuen.

Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini bertujuan untuk meringankan beban korban konflik melalui pembebasan biaya perkara khususnya perkara itsbat nikah. Kegiatan ini juga diharapkan agar dapat mewujudkan masyarakat Aceh yang bermartabat, berkeadilan dengan mengamalkan nilai-nilai syariat islam. Mahkamah Syar'iyah Bireuen selaku pelaksana siap menyukseskan kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah dengan dukungan aggota yang terdiri dari Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Operator, dan Petugas Sidang.

Hadir juga dalam acara tersebut Perwakilan Dinas Syariat Islam Aceh, Anggota DPRK Bireuen, Ketua Mahkamah Syar'yah Bireuen, Perwakilan Dinas Syariat Bireuen,  Perwakilan Koramil Kecamatan Peusangan, Perwakilan Polsek Kecamatan Peusangan, Kepala KUA Kecamatan Makmur, Kepala KUA Kecamatan Jangka, Kepala KUA Kecamatan Peusangan, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bireuen. Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bireuen agar mendapatkan hak atas pengakuan pernikahan yang sudah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, namun tidak ada buku nikah atau buku nikah hilang serta akta kelahiran bagi yang belum memiliki.

Kegiatan ini juga sangat membantu masyarakat Kecamatan Makmur, Kecamatan Jangka dan Kecamatan Peusangan untuk dapat menjadikan status pernikahannya sah secara hukum dan tercatat dalam Administrasi Pemerintahan Daerah maupun Instansi terkait lainnya setempat sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku. Adapun mekanisme pelaksanaan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah adalah dimana setiap Kutipan Penetapan yang diputuskan oleh Hakim Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat langsung diserahkan ke Petugas Kantor Urusan Agama guna diterbitkan Buku Akta Nikah dan Disdukcapil akan menerbitkan Akta Kelahiran terhadap pasangan suami isteri yang telah mempunyai keturunan.

Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah di mulai pada pukul 09.30 WIB diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, mukaddimah serta pembacaan doa agar kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Jumlah perkara yang disidangkan pada kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah oleh Mahkamah Syar’iyah Bireuen berjumlah 50 perkara, dari total perkara yang disidangkan terdapat 3 perkara yang digugurka karena para pihak tidak hadir, 1 perkara ditolak karena tidak terbukti dipersidangan, sehingga jumlah perkara yang dikabul sebanyak 46 perkara. Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu selesai dilaksanakan pukul 12.45 WIB, dengan harapan pelayanan terpadu ini dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Kabupaten Bireuen khususnya masyarakat Kecamatan Makmur, Kecamatan Jangka dan Kecamatan Peusangan. Amiin.....

Read 315 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Typography Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi