msaceh

24 Nov

Monitoring dan Evaluasi Hasil Pengawasan Hakim Tinggi Daerah Mahkamah Syar'iyah Aceh

Selasa (22/11/2022) Mahkamah Syar’iyah Calang kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Daerah beserta dengan Tim Monitoring dan Evaluasi Mahkamah Syar’iyah Calang. Kedatangan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi dari tindak lanjut yang telah dilakukan oleh Mahkamah Syar’iyah Aceh pada bulan Juli lalu untuk menilai sejauh mana Mahkamah Syar’iyah Calang menanggapi hasil temuan yang ditemukan oleh Tim Pengawas Daerah sebelumnya. Adapun Tim Pengawas Daerah Mahkamah Syar’iyah Aceh terdiri dari Ketua Tim, Dra. Hj. Zubaidah Hanoum, S.H. selaku Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh, bersama dengan anggota tim yakni Ratna Juita, S.Ag., S.H., M.H. selaku Panitera Muda Jinayat pada Mahkamah Syar’iyah Aceh.

2

Pada kegiatan monitoring dan evaluasi ini, pengawasan dilaksanakan langsung pada area kantor secara menyeluruh. Baik itu terkait manajemen peradilan, kinerja pelayanan publik, administrasi persidangan, administrasi perkara dan monitoring implementasi SIPP mengacu pada hasil temuan sebelumnya serta mengacu pada laporan tindak lanjut hasil pengawasan yang telah dibuat oleh Mahkamah Syar’iyah Calang. Selain itu tim pengawasan daerah didampingi oleh Bpk. Hendra Saputra, S.H., M.H. (Panitera Mahkamah Syar’iyah Calang) dan Bpk. Saifuddin, S.H.I. (Sekretaris Mahkamah Syar’iyah Calang) juga melakukan monitoring terhadap beberapa sarana baru yang dimiliki oleh Mahkamah Syar’iyah Calang seperti Ruang Sidang Anak, Ruang Tahanan, Ruang Tunggu Jaksa dan Pengacara serta Ruang Mediasi yang telah sesuai dengan standarisasi oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. Beliau juga melakukan monitoring terhadap renovasi halaman depan Mahkamah Syar’iyah Calang yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

3

Setelah dilakukannya monitoring dan evaluasi, tim pengawas Mahkamah Syar’iyah Aceh melakukan ekspos hasil monitoring dan evaluasi yang bertempat di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar’iyah Calang. Dalam kegiatan ekspos tersebut, Ibu Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh menyampaikan apresiasi atas usaha memenuhi semua hasil pengawasan sebelumnya serta memberikan apresiasi juga terhadap sarana Ruang Sidang Anak yang menurut beliau sudah memadai karena mengingat kondisi Gedung Mahkamah Syar’iyah Calang yang masih berupa bangunan lama dan belum sesuai dengan Standar Prototype Gedung Pengadilan Agama. Beliau juga berharap pengerjaan halaman depan Mahkamah Syar’iyah Calang segera selesai demi mewujudkan keindahan dan membuat masyarakat merasa nyaman saat berperkara di Mahkamah Syar’iyah Calang.

5

6

Selain itu beliau juga memberikan masukan terkait dengan teknis administrasi perkara agar kedepannya, penerapan one day minute dan one day publish untuk dapat diterapkan secara maksimal untuk semua perkara yang berjalan di Mahkamah Syar’iyah Calang. Setelah penyampaian ekspos hasil Monitoring dan Evaluasi tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hasil Monitoring dan Evaluasi Hakim Tinggi Pengawas Daerah untuk dapat segera ditindaklanjuti oleh Mahkamah Syar’iyah Calang. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto Bersama.

4

8

Rate this item
(0 votes)
back to top
lapor.png maklumat_pelayanan.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019