msaceh

10 Jun

"Berjalan Aman" MS Takengon Laksanakan Descente Perkara Gugatan Kewarisan

 

Takengon | ms-takengon.go.id

Kamis, 09 Juni 2021, satu rombongan Majelis Hakim MS Takengon melaksanakan descente (pemeriksaan setempat) terhadap 3 obyek harta terperkara. Ketiga harta terperkara tersebut merupakan bagian dari perkara gugatan kewarisan nomor 33/Pdt.G/2022/MS.Tkn.

 

Sesuai gugatan, rombongan Majelis Hakim yang dipimpin oleh Drs. Taufik Ridha, didampingi Panitera Pengganti Farid Ahkram, S.H.I., Jurusita Muhammad Yanuar Rabaq Erfaz, S.H., dan Jurusita Pengganti Hefa Lizayanti, S.H., pertama sekali menuju Kampung Kemili, sebagai lokasi salah satu harta terperkara yang akan diperiksa. Sesampainya di lokasi, sekira pukul 10.00 WIB, Reje Kampung Kemili menerangkan bahwa menilik pada batas tanah dari harta terperkara, harta tersebut tidak termasuk bagian dari wilayah Kampung Kemili, melainkan wilayah Kampung Nunang Antara. Padahal di dalam gugatan dan sertifikat hak milik tahun 2005 jelas tertera bahwa sebidang tanah dengan rumah permanen di atasnya tersebut terletak di Kampung Kemili. Demi mendapat pemahaman yang utuh terkait kebenaran kepemilikan dan ketepatan lokasi harta tersebut, Majelis Hakim meminta Reje Nunang Antara dihadirkan.

"Dulu, sebelum dimekarkan, wilayah ini memang termasuk bagian dari Kampung Kemili. Tetapi sejak dimekarkan pada Tahun 2002, wilayah ini sudah menjadi bagian dari Kampung Nunang Antara," ungkap Gamahudi, S.T., Reje Nunang Antara.

Setelah memperoleh keterangan yang jelas dan memeriksa keseluruhan harta tersebut, Majelis Hakim bergerak ke Kampung Simpang Kelaping, tepatnya ke Jalan Lukup Badak, untuk memeriksa dua harta terperkara lainnya. Reje Kampung Simpang Kelaping, M. Isa, turut hadir menyaksikan descente terhadap dua harta terperkara tersebut. Majelis Hakim mendapat keterangan yang lugas baik dari para pihak maupun Reje kampung terkait batas harta, luas dan kondisi bangunan, kepemilikan tanah, serta penguasa bangunan di atasnya.

Secara keseluruhan descente yang diamankan oleh 4 personil Polres Aceh Tengah kemarin berjalan tertib dan lancar. Sidang descente ditutup sekira pukul 12.30 WIB. (Hefa)

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019