msaceh

14 Jan

Hakim Pengawas MS Idi Saksikan Proses Pelaksanaan Eksekusi Cambuk

Sebanyak 13 orang terpidana menerima hukuman berupa cambuk atas perbuatan yang telah dilakukannya. Pelaksanaan eksekusi cambuk terhadap para terpidana pelanggar qanun jinayah, turut disaksikan langsung oleh hakim pengawas Mahkamah Syar’iyah Idi.

Adapun Hakim pengawas Mahkamah Syar’iyah Idi yang turut hadir yaitu Anas Rudiansyah, S.H.I., M.H., sebagai koordinator pengawasan dan Islahul Umam, S.Sy., sebagai hakim pengawas. Pelaksanaan cambuk ini berlangsung dihalaman kantor Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur pada Kamis (13/01/22) pagi. Dalam eksekusi ini juga melibatkan berbagai pihak diantaranya yaitu Kejaksaan Negeri Aceh Timur sebagai pelaksana eksekutor, Satpol PP dan WH Aceh Timur, TNI, Polri, dan tim medis dari rumah sakit setempat.

Dalam ‘uqubat cambuk di awal tahun ini, 13 orang terpidana menerima cambukan berbeda-beda sebagaimana kesalahan yang telah dilakukannya. Hukuman cambuk yang diterima para terpidana mulai dari 11 kali cambukan sampai dengan 100 kali cambukan. Dalam proses ini, dua orang terpidana yang menerima cambukan 100 kali yaitu terdapat satu terpidana perempuan yang terbukti bersalah melakukan jarimah zina.

Selanjutnya, satu terpidana laki-laki dengan 100 kali cambukan terbukti bersalah melakukan jarimah zina terhadap anak. Selain itu, terpidana laki-laki ini juga harus menerima hukuman penjara selama 75 bulan.  Selain itu, para terpidana lain yang menerima cambukan telah bersalah melakukan jarimah maisir atau judi.

Dalam pelaksanaan ini, Hakim pengawas Mahkamah Syar’iyah Idi Islahul Umam, S.Sy., turut beberapa kali memberikan arahan kepada algojo dalam menjalankan tugasnya.

Dalam keterangannya, Hakim pengawas Mahkamah Syar’iyah Idi Islahul Umam, S.Sy., mengatakan, kehadiran hakim pengawas dalam eksekusi tersebut yaitu ingin melihat secara langsung proses pelaksanaannya. Hukuman cambuk terhadap para terpidana tersebut sudah sesuai putusan Mahkamah Syar’iyah Idi yang telah mempunyai hukum tetap.

Lanjutnya, dalam proses eksekusi ini para terpidana mampu menjalani sepenuhnya cambukan hingga selesai dilakukan. “Dengan adanya hukuman cambuk ini, dapat memberikan pelajaran dan efek jera bagi para pelanggar qanun syari’at islam, juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya agar tidak melanggar hukum syariat Islam yang berlaku di provinsi Aceh”, ujarnya selaku humas Mahkamah Syar’iyah Idi.(DCB)

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019