msaceh

19 Apr

Kurma MS Blangpidie : Hanya Sebagian yang bisa Berpuasa Secara Hakiki

Blangpidie | ms-blangpidie.go.id

Senin, 19 April 2021. Seperti biasa, setiap hari pada Bulan Ramadhan, MS Blangpidie mengadakan kegiatan Kurma (Kuliah Umum Ramadhan) dan Dusta (Duduk sambil tanya Agama) yang bertempat di Musala MS Blangpidie yang dilaksanakan setelah sholat Dzuhur berjamaah.

Pada jadwal kali ini adalah Ketua MS Blangpidie, Bapak Amrin Salim, S.Ag., M.A, diberi kesempatan sebagai penceramah. Pegawai MS Blangpidie beruntung bisa mendengarkan ceramah Bapak Amrin Salim, S.Ag., M.A pada hari ke-7 Puasa Ramadhan ini.

Beliau menyampaikan Orang berpuasa itu bagaikan memainkan seruling, apabila semua lubang kita biarkan terbuka kemudian kita mainkan akan sumbang lah bunyi seruling tersebut, akan tetapi apabila kita menutup lubang sebagian secara bergantian sesuai dengan peruntukannya maka merdu lah suara yang dikeluarkan seruling itu.

Lubang-lubang seruling itu bagaikan organ-organ pada tubuh manusia, seperti mata, mulut, pikiran, dan organ lainnya. Seperti pikiran, kita tidak bisa membuka pikiran kita tanpa filter, hanya memikirkan urusan duniawi dan hal-hal yang kita senangi saja, tanpa memperdulikan Sang Maha Pencipta, Allah SWT. ‘Sesungguhnya orang yang paling mulia adalah orang yang paling bertaqwa diantara kalian’ (QS. Al Hujurat: 13).

Beliau juga mengingatkan bahwa puasa itu terbagi menjadi 2 golongan, puasa syariat dan puasa hakikat. Puasa secara syariat adalah menahan lapar dan haus serta berjima’ pada tenggat waktu yang ditentukan, sedangkan Puasa hakiki adalah berpuasa selain menahan lapar dan haus juga untuk mencapai nilai spiritual yang lebih tinggi. Ada orang yang menyebutnya dengan puasa jiwa, yaitu puasa dengan tujuan untuk membuang perlahan-lahan karakter-karakter negatif dalam diri kita.

Beliau menambahkan banyak orang yang Puasa secara syariat, tetapi belum mendapatkan hakikatnya. Saya berharap pegawai-pegawai MS Blangpidie dapat tidak hanya berpuasa secara syariat tetapi juga dapat mendapatkan hakikat dari berpuasa.

رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعُ، وَرُبَّ قَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ قِيَامِهِ إِلاَّ السَّهَرُ

Betapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan dari puasanya kecuali lapar, dan betapa banyak orang yang bangun malam (untuk beribadah) yang tidak mendapatkan dari bangun malamnya kecuali begadang.” (HR Imam Ibnu Majah).

*** Tim Redaksi MS Bpd ***

Rate this item
(0 votes)
back to top
lapor.png maklumat_pelayanan.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019