msaceh

Luqmanul Hakim, A.Md. (DCB) : Kembalinya Teknologi Informasi Di Bumi Serambi Mekkah

Dilihat: 64

Kembalinya Teknologi Informasi Di Bumi Serambi Mekkah

Oleh : Luqmanul Hakim, A.Md. (DCB)              

Saat ini pengembangan dan penggunaan teknologi semakin canggih dan sangat besar. Bisa dikatakan mulai anak-anak usia 2 tahun, sudah diperkenalkan dengan berbagai macam permainan atau game yang terdapat pada sebuah ponsel. Apalagi tingkat remaja bahkan orang dewasa, pengetahuan tentang kecanggihan teknologi saat ini semakin dirasakan digunakan baik itu melalui ponsel atau laptop.            

Nah, disini penulis ingin mengingatkan kembali akan pentingnya teknologi informasi bagi kita semua. Penulis yang juga bekerja di salah satu Mahkamah Syar’iyah, bisa merasakan peningkatan kemajuan penggunaan teknologi didunia peradilan di tanah air. Apalagi saat ini di jajaran Mahkamah Syar’iyah se Aceh, telah kembalinya sosok yang peduli terhadap arti sebuah teknologi.            

Dia adalah YM. Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., merupakan ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh. Sosoknya dikenal mampu dan peduli terhadap bidang teknologi informasi. Dahulu, semasa beliau menjadi hakim tinggi di Mahkamah Syar’iyah Aceh, beliau sangat aktif berkontribusi terhadap perkembangan bidang TI (Teknologi Informasi). Mulai dari menulis berita dan artikel pada website, hingga memantau keadaan perkara secara online yang dulu dikenal dengan SIADPA.            

Kembalinya YM. Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., layak disebut seperti Kembalinya Teknologi Informasi Di Bumi Serambi Mekkah. Beliau yang baru berapa bulan di Aceh, kembali hadir menghidupkan lagi mesin teknologi yang mulai melemah bahkan mati.            

Tentu dalam menjalankan roda teknologi informasi di jajaran Mahkamah Syar’iyah, masih banyak sekali kendala yang harus dihadapi. Mulai dari kekurangan SDM (sumber daya manusia) hingga kekurangan bahkan belum adanya sarana dan prasarana yang memadai. Ini merupakan masalah besar yang harus dicarikan solusi secepatnya. Adanya SDM juga belum bisa sepenuhnya digerakkan, tanpa ada pelatihan dan pemahaman terhadap teknologi secara berkala.            

Mahkamah Agung Republik Indonesia yang saat ini terus menggunakan media teknologi sebagai penunjang kinerja, tentu harus kita ikuti dan jalankan karena kita bekerja dibawahnya. Khususnya kita lagi yang berada dibawah badan peradilan agama, yang belakangan ini telah meluncurkan beberapa aplikasi yang semua harus dijalankan.            

Mau atau tidak mau, bahwa penggunaan dan perkembangan teknologi semakin hari semakin terus meningkat. Dan kita yang bekerja untuk melayani masyarakat pencari keadilan juga mau atau tidak mau, kehadiran media teknologi informasi telah ada ditempat kita bekerja. Oleh karena itu, untuk menjalankan berbagai macam teknologi yang dikemas dalam sebuah aplikasi harus kita pelajari dengan baik.            

Penulis juga berharap, dengan hadirnya kembali YM. Dr.H. Abd. Hamid Pulungan, S.H., M.H., dapat memberikan solusi dalam memperbaiki segala kekurangan teknologi informasi yang ada di jajaran Mahkamah Syar’iyah se Aceh. Kita berharap juga, Mahkamah Syar’iyah se Aceh dapat bersaing dengan pengadilan lainnya diseluruh Indonesia dalam berbagai inovasi dan teknologi informasi. Demikian dulu yang dapat penulis informasikan, Insya Allah dilain waktu pembahasan mengenai teknologi informasi akan dibahas lagi. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan bahasa dalam penulisan.(DCB)  

(Tukang / Peliput Berita Mahkamah Syar’iyah Idi) Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.      

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019