msaceh

08 Agu

H. Syamsir Suleman : Di Pengujung Ramadhan Ibadah Semakin Meningkat Dan Bermutu | (08/08)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Memasuki hari kedelapanbelas pelaksanaan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan 1433 H, kegiatan ceramah agama setelah shalat Zuhur di mushalla Mahkamah Syar’iyah Aceh menampilkan penceramah Drs. H. Syamsir Sulemanyang sehati-hatinya adalah Hakim Tinggi. Ustadz kita yang berasal dari Sumatera Barat ini menyampaikan dalam ceramahnya bahwa memasuki pertengahan apalagi di ujung Ramadhan, jamaah shalat Tarawih semakin menurun, dan jamaah yang bertahanpun adalah orang-orang tua. H. Syamsir Suleman mengajak jamaah untuk meningkatkan ibadah pada pengujung Ramadhan sebagaimana yang diamalkan Rasulullah SAW “Saya mengajak kita semua untuk melakukan berbagai ibadah pada bulan Ramadhan ini, dan semestinya ibadah kita di pengujung Ramadhan ini semakin meningkat dan bermutu, sehingga selesai Ramadhan kita menjadi muttaqin”, kata H. Syamsir Suleman.

Ustadz kita ini mengatakan bahwa penomena yng terjadi di masyarakat adalah pada awal Ramadhan jamaah shalat tarawih membludak sampai-sampai tidak tertampung di dalam mesjid. Jamaah shalat tarawih tersebut terdiri dari laki-laki dan perempuan, tua dan muda berbaur menjadi satu sehingga semarak Ramadhan terlihat dimana-mana, bukan hanya di perkotaan bahkan di pedesaan sekalipun. Tetapi sangat disayangkan, jamaah yang membludak tersebut semakin hari semakin berkurang.

H. Syamsir Suleman mengibaratkan bulan Ramadhan sebagai bulan latihan. “Seorang atlit yang akan bertarung di arena laga harus melakukan latihan dengan disiplin tinggi, pola makan diatur dengan baik, pola latihan diukur secara teratur. Apabila hal tersebut dilakukan dengan baik, Insya Allah atlit tersebut akan meraih juara minimal tidak mengecewakan. Demikian juga halnya dengan puasa, apabila kita terlatih melaksanakan puasa dengan baik, tidak hanya sekedar tidak makan dan tidak minum, tetapi dibarengi dengan ibadah lainnya, Insya Allah kita akan juara dan sanggup untuk mengatasi berbagai rintangan dalam menghadapi 11 bulan yang akan datang”,  urai Ustadz H. Syamsir yang pandai sekali main tenis ini.

Ustadz H. Syamsir memuji kebijakan pimpinan Mahkamah Syar’iyah Aceh yang banyak melakukan kegiatan selama Ramadhan, bahkan aktivitas yang sudah berjalan selama ini ditingkan volumenya. Misalnya kegiatan bahtsul kutub yang dilaksanakan Hakim Tinggi ba’da Jum’at diluar Ramadhan, maka kegiatan tersebut dalam Ramadhan ini dilaksankan setiap hari. Demikian  juga pengajian yang dilakukan pegawai lainnya ba’da Jum’at diluar Ramadhan, maka dilaksanakan setiap hari selama Ramadhan, ceramah agama dilaksanakan setiap hari ba’da zuhur dan aktivitas kinerja berjalan sebagaimana biasanya. Sehingga Ramadhan ini menjadi bulan peningkatan aktivitas. “Kita bersyukur, bahwa pimpinan kita mengambil kebijakan yang tepat dengan meningkatkan aktivitas selama Ramadhan, sehingga Ramadhan ini benar-benr bermakna”, kata H. Syamsir seraya menyebut satu kaidah kubro yang menjadi bahasan dalam bahtsul kutub.  

Di pengujung ceramahnya, H. Syamsir Suleman mengajak jamaah untuk memanfaatkan akhir Ramadhan meraih nilai pahala sebanyak-banyak. “Mari kita tingkatkan amal ibadah pada akhir Ramadhan ini dan kita berharap menjadi manusia paripurna (insan kamil) dan Ramadhan ini menjadikan kita menjadi orang yang bertaqwa”, ajak Ustadz seraya menutup tausiyahnya.

 (H. Abd. Hamid Pulungan)

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019