msaceh

13 Apr

Bimtek Penatausahaan Kas Dan Penyusunan LPJ Bendahara

Panitera/Sekretaris Mahkamah Syar’iyah Aceh Drs. H. Syamsikar selalu berinovasi dan berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan tugas. Berbagai kebijakan yang diambilnya untuk mendorong keberhasilan tugas telah banyak yang dilakukan. Salah satu diantara kebijakan beliau dengan restu dari Pimpinan adalah mengadakan Bimtek kepada bendahara pengeluaran tentang penatausahaan kas dan penyusunan LPJ bendahara pengeluaran secara elektrik. Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan 2 (dua) hari yaitu hari Kamis dan Jum’at tanggal 12 dan 13 April 2012 dengan mengambil tempat di aula Zainal Abidin Abubakar Lantai II gedung Mahkamah Syar’iyah Aceh.

H. Syamsikar dalam laporannya pada saat pembukaan acara Bimtek tersebut menyebutkan, bahwa peserta Bimtek adalah bendahara pengeluaran pada satuan kerja Mahkamah Syar’iyah se Aceh dan staf keuangan Mahkamah Syar’iyah Aceh yang berjumlah 24 orang. Adapun dana yang diperlukan pada Bimtek tersebut dibebankan kepada DIPA satuan kerja masing-masing. H. Syamsikar menyebutkan bahwa tujuan Bimtek tersebut adalah agar pengelolaan keuangan dan penatausahaannya berjalan dengan tertib dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu,  tercapainya pelaksanaan pembukuan bendahara pengeluaran secara elektrik di seluruh Mahkamah Syar’iyah se Aceh. Dan seluruh bendahara pengeluaran dapat mengetahui dan memahami  tata cara penggunaan dan pertanggungjawaban setiap dana yang dikelola dan dikeluarkannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga diharapkan tidak akan terjadi penyalahgunaan anggaran.

Sementara itu, Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Drs. H. Jamil Ibrahim, SH. MH. dalam arahannya mengatakan bahwa pengelolaan uang negara yang ada pada DIPA satuan kerja masing-masing sangat penting dan semua kegiatan berawal dari pengelolaan uang tersebut. Ditambahkannya lebih lanjut, bahwa setiap kegiatan ada di dalamnya fitnah dan fitnah yang yang harus dihindari adalah dalam pengelolaan keuangan. Beliau berharap setiap bendahara pengeluaran dapat mengelola dan menatausahakan setiap keuangan dengan sebaik-baiknya. “Kita berharap di seluruh Mahkamah Syar’iyah se Aceh dapat mengelola dana yang ada pada DIPA sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan jangan sampai terjadi penyalahgunaan wewenang yang mengakibatkan kerugian pada negara”, tegas beliau. Oleh karena itulah kata beliau lebih lanjut, pelaksanaan Bimtek ini sangat penting dan diharapkan kepada peserta dapat mengikutinya dengan baik serta melaksanakannya dalam pengelolaan keuangan pada satuan kerja masing-masing.  

Adapun yang bertindak sebagai pemateri pada Bimtek tersebut adalah Drs. Marzuki, bendahara pengeluaran Mahkamah Syar’iyah Aceh. Marzuki dalam penyampaiannya menekankan agar semua bendahara pengeluaran dapat memahami dan melaksanakan penatausahaan pembukuan keuangan negara secara elektrik pada satuan kerja masing-masing. Lebih lanjutkan ditegaskannya, bahwa setiap rupiah yang ada pada DIPA tahun 2012 tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya dan diharapkan tidak akan terjadi penyimpangan dan pengelolaan keuangan negara serta penyusunan pelaporan pada akhir tahun anggaran dapat dipertanggungjawabkan. Insya Allah, kalau pembukuan keuangan sudah benar dan baik, maka remunerasi yang sekarang ini diterima 70% akan menjadi 100%, katanya yang diaminkan oleh peserta.  

Salah seorang peserta Bimtek yang bernama Abdul Muthallib, A. Md dari Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon mengatakan kepada Redaktur IT, bahwa kegiatan Bimtek ini sangat positif dan berguna bagi bendahara pengeluaran, oleh karena itu Abdul Muthalib berkomitmen untuk melaksanakan pembukuan dan penatausahaan keuangan secara elektrik pada Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon. Tidak lupa dia mengucapkan banyak terima kasih kepada Mahkamah Syar’iyah Aceh yang telah melaksanakan kegiatan ini  lebih-lebih kepada tutor yaitu Bapak Marzuki yang begitu lihai dan jitu dalam menyampaikan materi yang disajikan sekalipun beliau bukan berasal dari latar belakang ekonomi tetapi dari sarjana syari’ah, oleh karena itulah patut acungan kepada beliau, kata Abdul Muthalib.

(H. Abd. Hamid Pulungan)

 

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019