Launching Pembinaan Mental Pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh 

(0651) 7555976

Selasa, 19 September 2017 05:20

Launching Pembinaan Mental Pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh

Rate this item
(0 votes)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Launching Pembinaan Mental Pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh dan Sosialisasi Maklumat YM. Ketua Mahkamah Agung RI. Nomor 01/MAKLUMAT/KMA/IX/2017”. Jum’at tanggal 15 September 2017 dibuka Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, Dr. H. Jufri Ghalib, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Dra. Hj. Rosmawardani, S.H., M.H., bertempat di Ruang Tgk. Ahmad HasballahLt. IIIMahkamah Syar’iyah Aceh.  Acara ini turut dihadiri para Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, mantan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh yang ke 3 dan Jabatan terakhirnya sebagai Ketua PTA Padang Dr. H. Idris Mahmudy, S.H., M.H., mantan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dan Jabatan terakhirnya Ketua PTA. Medan Drs. H. Armia Ibrahim, S.H., M.H., para pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh tersebut.

Laporan dan sambutannya, Panitera Mahkamah Syar’iyah Aceh Drs. Syafruddin menyampaikan; bahwa kegiatan pembinaan mental yang akan dilaksanakan pada setiap hari Jum’at, sebelumnya juga sudah pernah dilaksanakan berupa pengajian bagi pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh, namun karena berbagai kesibukan dalam pelaksanaan tugas maka kegiatan tersebut terhenti.  Pembinaan ini berupa pengajian para pegawai dari Mahkamah Syar’iyah Aceh dengan tidak mengikutsertakan para Hakim Tinggi, oleh karena Hakim Tinggi ada kegiatan lainnya berupa program kajian hukum. 

Pada Pengajian ini telah mengundang 2 orang narasumber yaitu Dr. H. Idris Mahmudy, S.H., M.H. dan Drs. H. Armia Ibrahim, S.H., M.H. dengan materi yang akan disampaikan adalah masalah Ketauhidan dan Ibadah yang nantinya akan dijadwalkan secara berkala.  Sedangkan pendanaan untuk kegiatan tersebut adalah swadana para pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh sendiri dan 2 orang Hakim Tinggi yang ikut menyalurkan infaq diantaranya Ibu Wakil Ketua Dra. Hj. Rosmawardani, S.H., M.H. dan Drs. H. Muchtar Yusuf, S.H., M.H.  Semoga pengajian ini dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan, demikian Drs. Syafruddin menutup laporannya. 

Dalam sambutan dan sekaligus Launching pengajian ini, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Dr. H. Jufri Ghalib, S.H., M.H. menyampaikan;

  • Pelaksanaan Bimbingan Mental pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh sebagai bentuk pelaksanaan Reformasi Birokrasi di jajaran Mahkamah Agung;
  •  Agenda pembinaan mental ini kedepan akan dilaksanakan secara sistematis dan terencana;
  • Kegiatan ini harus dibuatkan laporan secara berkala dan menjadi eviden pada area reformasi birokrasi. 
  • Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Launching bimbingan mental pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh dibuka secara resmi yang ditandai dengan bunyi sirine.

Pada kesempatan ini Drs. H. Armia Ibrahim, S.H., M.H. dalam kuliah umumnya menyampaikan;

  1. Bahwa Jum’at hari ini merupakan moment yang sangat baik telah dapat melaunching kegiatan bimbingan mental bagi pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh;
  2. Rasa bangga dan merasa tersanjung, sebagai “laskar tak berguna” (yang telah memasuki masa pensiun red.), namun masih diajak teman-teman sejawatnya untuk dapat saling berbagi.  Sesuai dengan satu judul buku yang beliau miliki “Buatlah Dirimu Tidak Pernah Dilupakan”;
  3. Bahwa kita pegawai ini adalah “Kelompok Elit” atau sebagai orang terpilih telah tersaring sebagaimana yang kita nikmati pada saat ini menjadi ASN yang hanya 2% dari jumlah penduduk Indonesia;
  4. Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat , marilah kita benar-benar untuk mengabdikan diri pada negara ini menurut tugas dan posisi kita dalam bekerja untuk kepentigan negara dan masyarakat, dan beliau mengutip satu kata bijak yang pernah dikatakan J.F.Kennedy  “Jangan bertanya apa yang bisa diberikan negara kepada ku, tapi.....tanyalah apa yang dapat aku berikan untuk negara”.  Demikian juga kata bijak seorang penulis dalam bukunya yang disampaikan Dale Carnegie “Nikmatilah pekerjaan dan Hidup Anda”.  Saran ini disampaikan agar kita dapat tenang dan bersemangat dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan kita.

Selanjutnya Armia Ibrahim juga menyampaikan, bahwa 5 Langkah Bekerja Efektif yaitu:

  • Bekerjalah sesuai rencana yang telah dibuat sebelumnya;
  • Gunakan staf untuk membantu anda dalam bekerja;
  • Jangan menunda pekerjaan;
  • Gunakan Catatan untuk membantu otak anda dalam ingatan;
  • Simpan suatu dokumen ditempat tertentu dan beri catatan seperlunya.

Dan beberapa kiat untuk mengatasi pekerjaan yang telah menumpuk di meja kerja adalah:

  • Urutkan terlebih dahulu mana pekerjaan yang sifatnya segera dan biasa;
  • Urutkan mana yang penting dan biasa;
  • Selesaikan dahulu yang paling segera, paling penting dan biasa;

Kalau sama-sama penting, maka selesaikan dahulu yang paling mudah diantara pekerjaan itu.

Bagaimana cara mengatasi kelelahan mental dalam bekerja:

  • Kalau banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, maka di meja kerja itu hanya ada pekerjaan kita;
  • Jangan menunda-nunda pekerjaan dan
  • Bidang pelayanan kepada masyarakat; kita harus memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Pada kesempatan terakhir kuliah umum ini, Dr. H. Idris Mahmudy, S.H., M.H. menyampaikan bahwa ada 3 Olah dalam hidup ini yang sepatutnya menjadi perhatian kita:

  • Olah Raga; bahwa olah raga itu sangat penting dilakukan secara teratur dan kontinyu untuk menjaga kondisi fisik kita.
  • Olah Otak; dengan berbagai referensi kita harus banyak membaca buku agar otak kita selalu terlatih dalam ingatan dan dapat menghindari kepikunan.
  • Olah Jiwa; tingkatkan dan perbanyaklah ibadah kita.  Sesuai dengan tujuan penciptaan manusia oleh Allah SWT adalah untuk pengabdian kepadaNya yaitu dengan selalu melakukan kegiatan yang bernilai ibadah untuk mengolah jiwa.

Dan nikmatilah hidup ini dengan rasa santai, percaya diri dan penuh semangat, baik terkait kehidupan dalam masyarakat maupun dalam kehidupan keluarga.   Semoga hidup ini penuh keberkahan.   Demikian kuliah umum ini disampaikan oleh 2 orang narasumber yang merupakan tokoh pejuang Syariat Islam di lingkungan Mahkamah Syar’iyah.  Amiin.... YRA. (Tim Redaksi MS. Aceh).

Read 165 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.