msaceh

16 Des

Baznas Bangka Barat Berkunjung ke MS Aceh | (16/12)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Provinsi Aceh yang terletak di ujung barat Indonesia adalah daerah otonomi khusus yang memiliki beberapa keistimewaan  terutama dalam pelaksanaan syari’at Islam.  Undang-Undang  Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh pada Bab XVII menyebutkan tentang Syari’at Islam dan Pelaksanaannya. Selanjutnya pada Pasal 125 disebutkan syari’at Islam yang dilaksanakan di Aceh meliputi aqidah, syar’iyah dan akhlak. Dan syari’at Islam tersebut meliputi ibadah, ahwal alsyakhshiyah (hukum keluarga), muamalah (hukum perdata), jinayah (hukum pidana), qadha’ (peradilan), tarbiyah (pendidikan), dakwah, syiar, dan pembelaan Islam. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan syari’at Islam sebagaimana dimaksudkan di atas diatur dengan Qanun Aceh. Pelaksanaan syari’at Islam di Aceh telah banyak menarik perhatian orang, oleh karenapelaksanaan syari’at Islam di Indonesia hanya ada di Aceh yang dijuluki serambi Mekkah.

Pada hari Jum’at tanggal 13 Desember 2013, MS Aceh menerima tamu dari Badan Zakat Nasional (Baznas) Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berjumlah 7 (tujuh) orang yaitu H. Isnani, S.PdI, H. Zumrowi Achyar, S. Ag, H. Sobri Murod, H. Abdurochim, S. Ag, MH, H. Sabaryono, Hasyim Bahrudin dan Harfiyah, S. Ag., M. Si. Kedatangan tamu yang mengurusi zakat ini diterima Ketua MS Aceh Dr. H. Idris Mahmudy, SH., MH di ruang rapat pimpinan. Hadir Wakil Ketua Drs. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH, Hakim Tinggi dan Panitera/Sekretaris Drs. H. Syamsikar.

Menurut Ketua Rombongan H. Zumrowi Achyar bahwa maksud kedatangan mereka datang ke Aceh adalah untuk melihat secara langsung tentang pelaksanaan syariat Islam di Aceh. Hal ini sangat menarik bagi mereka karena ingin menerapkan berbagai hal yang ada di Aceh yang mungkin dapat dilaksanakan di Bangka Barat. Ia menjelaskan bahwa meskipun Bangka Barat tidak menerapkan syariat Islam, tapi ingin mencontoh seperti yang ada di Aceh. “Kami ingin melihat dan mengetahui pelaksanaan syariat Islam di Aceh, semoga saja dapat diterapkan di Bangka Barat,” ujar H. Zumrowi Achyar yang sehari-harinya adalah Kepala Badan Penanaman Modal Kabupaten Bangka Barat.

Ditambahkan oleh salah seorang tamu lainnya H. Isnani, bahwa selama berada di Aceh mereka merasakan betapa indahnya suasan Islami yang menjadi keseharian masyarakat Aceh. Dicontohkannya, ketika mengikuti shalat Jum’at di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, mereka sangat kagum melihat keindahan mesjid tersebut, ditambah lagi toko-toko di sekelilingnya tutup menjelang pelaksanaan shalat Jum’at. “Suasana di Aceh sangat Islami,” kata H. Isnani yang kesehariannya menjabat Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat.

Sementara itu, Ketua MS Aceh H. Idris Mahmudy menjelaskan bahwa Mahkamah Syar’iyah disamping berwenang mengadili perkara-perkara sebagaimana kewenangan yang dimiliki peradilan agama, juga berwenang mengadili perkara jinayat yang diatur melalui Qanun. Kewenangan tersebut sesuai dengan Undang-Undang No. 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Pada saat sekarang ini kata H. Idris Mahmudy, sedang dibahas Rancangan Qanun Hukum Acara Jinayat dan dalam waktu dekat akan disahkan oleh DPR Aceh. Apabila Hukum Acara Jinayat disahkan, maka penahan terdakwa akan dapat dilaksanakan sehingga persidangan akan berjalan dengan lancar. “Kendala selama ini adalah tidak ada kewenangan menahan terdakwa sehinga terdakwa kabur sebelum sidang,” ujar H. Idris Mahmudy.

Pada sesi terakhir pertemuan, AHP menjelaskan selayang pandang tentang Mahkamah Syar’iyah dan kewenangannya dalam mengadili perkara jinayat melalui layar infocus. Banyak hal yang diuraikan oleh AHP yang membuat tamu terpesona melihatnya, apatah lagi ketika ditayangkan vidio pelaksanaan hukum cambuk sebagai eksekusi putusan Mahkamah Syar’iyah. Acara berakhir bersamaan dengan tibanya waktu shalat Ashar.

(AHP)

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019