msaceh

07 Des

Bawas MA Melakukan Supervisi Reformasi Birokrasi Pada 4 Lingkungan Peradilan di Aceh | (07/12)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI melakukan supervisi reformasi birokrasi pada 4 (empat) lingkungan peradilan se Aceh.  Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jum’at tanggal 7 Desember 2012 dengan mengambil tempat di Lt. III Aula Ahmad Hasballah Mahkamah Syar’iyah Aceh. Hadir Kepala Badan Pengawasan MA Dr. H. M. Syarifuddin, SH. MH dan rombongan yang berjumlah 5 (lima) orang, Ketua PT/Tipikor Banda Aceh H. Mas’ud Halim, S. M. Hum, Ketua Mahkamah Syar’iyah  Aceh Dr. H. Idris Mahmudy, SH. MH, Wakil Ketua PT/Tipikor Banda Aceh Dr. H. Sudarmadji, SH. M. Hum dan  Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Drs. H. M. Jamil Ibrahim, SH. MH.

Peserta supervisi revormasi birokrasi diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Wakil Panitera dan Wakil Sekretaris 4 (empat) lingkungan peradilan se Aceh yang berjumlah 210 orang.

Ketua PT/Tipikior Banda Aceh H. M. Mas’ud Halim dalam kata sambutannya sewaktu membuka acara tersebut mengatakan bahwa reformasi birokrasi harus disukseskan, tidak ada kata lain kecuali semua badan peradilan harus siap melaksanakan reformasi birokrasi. “Saya minta perhatian kita semua agar mensukseskan reformasi birokrasi pada satuan kerja yang Saudara pimpin dan yang perlu diingat bahwa satu satker saja yang tidak melaksanakan reformasi birokrasi akan menjadikan masalah kepada yang satker lainsecara keseluruhan,” kata Ketua mengingatkan. Lebih lanjut disebutkan Ketua PT/Tipikor Banda Aceh bahwa reformasi birokrasi ini antara lain dimaksudkan untuk meningkatkan remunerasi menjadi 100%. “Kita berharap remunerasi menjadi 100% dan remunerasi Hakim akan diserahkan kepada pegawai sehubungan Hakim akan mendapatkan gaji dan tunjangan berdasarkan PP Nomor 94 Tahun 2012 yang akan dibayarkan pada bulan Januari 2013,” ujar Ketua dengan senyum. Selanjutnya Ketua PT/Tipikor Banda Aceh membukan acara supervisi reformasi birokrasi pada 4 (empat) lingkungan peradilan se Aceh dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim.     

Setelah acara pembukaan selesai, lalu dilanjutkan pemaparan materi oleh Ketua Badan Pengawasan MA H. M. Syarifuddin. Dalam penjelasannya, Kepala Bawas MA menyampaikan temuan-temuan Tim Reformasi Birokrasi tentang 8 area reformasi birokrasi antara lain,  bagi  Hakim sudah ada kode etik berupa PPH, tetapi bagi Panitera, Jurusita dan pegawai lainnya belum ada kode etik pada waktu pemeriksaan Tim, dan kode etik tersebut baru saja disahkan tetapi belum disosialisasikan kepada pegawai. Belum ada tersusun kegiatan komunikasi dan informasi pelaksanaan yang dibuktikan dengan data pendukung. Ditemukan juga, ada pejabat peradilan yang menggunakan perjalanan dinas dengan pesawat Lion, tetapi dalam pertanggung jawabannya dibuat dengan tiket pesawat Garuda. “Temuan yang seperti ini dianggap perjalan fiktif”, tegas Kepala Bawas.  

Kepala Bawas juga menjelaskan bahwa remunerasi yang diterima sekarang ini lebih kecil nominalnya apabila dibandingkan dengan remunerasi yang diterima oleh Kementerian/Lembaga yang lain. Hal ini disebabkan karena kedudukan Panitera    pada Mahkamah Agung menempati pada urutan kelima dalam struktur organisasi MA, yaitu  Ketua, Wakil Ketua, Tuada, Hakim Agung dan Panitera. Sedangkan pada Kementerian/Lembaga, Sekretaris Jenderal menempati pada urutan kedua, yaitu Menteri dan Sekretaris Jenderal. “Dengan keluarnya PP Nomor 94 Tahun 2012, maka remunerasi bagi Hakim tidak dibayar lagi, oleh karena itu kedudukan Panitera akan menempati pada urutan kedua dan akan meningkat nominal remunerasi yang akan diterima oleh pegawai,” tegas Kepala Bawas.

Kepala Bawas menyampaikan rasa bangga melihat gedung Mahkamah Syar’iyah Aceh yang megah dan terawat dengan baik. “Kita patut bersyukur memiliki gedung MS Aceh yang megah ini,” ujar Kepala Bawas sambil melihat Ketua Mahkamah Syar’iyah yang duduk di sebelah kirinya. Kegiatan supervisi reformasi birokrasi berlangsung dengan tertib dan lancar dan peserta nampak serius mendengar paparan Kepala Bawas.   

(AHP)

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019