msaceh

03 Sep

ALSA Fakultas Hukum Unsyiah, Mengunjungi MS Aceh | (3/9)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Asian Law Students’ Association Local Chapter Syiah Kuala University (Alsa Lc Unsyiah), untuk kedua kalinya mengunjungi Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam rangka melaksanakan kegiatan “Law Trip” yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para anggota, terutama mengenai tugas, kewenangan serta fungsi Mahkamah Syar’iyah Aceh.  Sebelumnya, Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, Dr. H. Idris Mahmudy, S.H., M.H. telah menerima kedatangan mereka untuk audiensi dengan Pimpinan dan para Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh, pada tanggal 8 Juli 2014 yang lalu.

Kunjungan mereka untuk kedua ini dengan 20 orang anggota, Selasa tanggal 2 September 2014. pukul 10.00 WIB., diterima oleh 3 Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh di Ruang Rapat Zainal Abidin Abubakar, Lantai II, Mahkamah Syar’iyah Aceh sebagai wujud kerjasama dan memenuhi harapan para mahasiswa tersebut untuk dapat mengenal dan mengetahui lebih jauh tentang tugas pokok dan fungsi Mahkamah Syar’iyah, sebagai salah satu Peradilan Nasional di Indonesia dan hal-hal yang mendapat tugas kekhususan dalam lingkungan Peradilan Agama di Indonesia. 

Pertemuan tersebut dipandu oleh Drs. H. Rafi’uddin, M.H., dengan 2 Narasumber Yaitu : Drs. H. Abdul Mu’in A Kadir, S.H. dan Drs. H. Abd. Mannan Hasyim, S.H., M.H. yang ketiganya adalah Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh.

Ketua Tim  Asian Law Students’ Association Local Chapter Syiah Kuala University (Alsa Lc Unsyiah), Meutia Rizkina Zuhra,  menyampaikan ada 2 hal tujuan kunjungan mereka pada kali ini, yaitu;

  1. Ingin mengetahui lebih jauh tentang tugas pokok, fungsi dan kewenangan Mahkamah Syar’iyah di Aceh.
  2. Hendak mendapatkan kepastian, bentuk kerjasama yang dapat dilakukan dengan Mahkamah syar’iyah Aceh.

Dalam kesempatan ini, Bapak Drs. H. Rafi’uddin menjelaskan, bahwa mengenai kerjasama ini sepenuhnya ada pada kebijakan Pimpinan Mahkamah Syar’iyah Aceh.  Dan hal ini dapat disampaikan pada lain waktu dengan beraudiensi khusus dengan Pimpinan, cukup dapat diwakili beberapa orang saja dari pihak Alsa Lc Unsyiah. 

Beberapa pertanyaan dari para peserta, tentang fungsi dan kewenangan Mahkamah Syar’iyah, secara bergantian para Narasumber menjelaskan bahwa, pembentukan Mahkamah Syar’iyah diawali dengan penerbitan Qanun No: 10 Tahun 2002, Tentang Peradilan Syari’at Islam, yang didalamnya antara lain diatur tentang kelembagaan dan kewenangan Mahkamah Syar’iyah sebagai pelaksana peradilan Syari’at Islam di Nanggroe Aceh Darussalam, hal ini dapat dilihat pada Pasal 2 dan Pasal 3 Qanun Aceh No. 10 Tahun 2002, menegaskan bahwa Mahkamah Syar’iyah sebagai peradilan Syari’at di Aceh adalah pengembangan dari Pengadilan Agama yang telah ada sebelumnya.  Mahkamah Syar’iyah adalah lembaga peradilan Syari’at yang independen dan berpuncak ke Mahkamah Agung RI sebagai peradilan Negara tertinggi.  Sedangkan dalam hal penyelesaian perkara Jinayat (pidana) ditingkat Kasasi dilakukan oleh Hakim Agung dilingkungan Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Agama MA-RI.

Akhirnya, acara ini ditutup dengan membacakan Alhamdulillah dan penyerahan Plakat dari Tim Alsa Lc Unsyiahdengan harapan pertemuan ini akan menambah wawasan dan pencerahan bagi para peserta. (Tim Redaksi MS.Aceh).

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019