msaceh

21 Feb

Absensi Hakim Dan Pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh Menggunakan Finger Scanning

tampak Hakim Dan Pegawai Mahkamah Syar'iyah Aceh antri untuk absen elektronik

Banda Aceh | www.ms-aceh.go.id (21/02/2012)

Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam menerapkan absensi masuk dan pulang kantor bagi pegawai dan hakim menggunakan finger scanning secara elektronik dan menggunakan absensi tertulis secara manual. Kebijakan tersebut sudah lama diterapkan dan bagi pegawai dan hakim yang terlambat datang atau cepat pulang kantor, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sesuai dengan ketentuan dalam Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 071/KMA/SK/V/2008 tanggal  14 Mei 2008 Tentang Ketentuan Penegakan Disiplin Kerja Dalam Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Khusus Kinerja Hakim dan PNS pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya menyebutkan, bahwa hari kerja adalah Senin sampai dengan Jum’at dengan ketentuan jam kerja pukul 08.00 s/d pukul 16.30 dan khusus hari Jum’at jam pulang pukul 17.00  Dalam Surat Keputusan tersebut dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan jam kerja harus ditunjuk seorang petugas daftar hadir dan daftar pulang baik secara manual maupun mesin.

Menurut penjelasan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Drs. H. Idris Mahmudy, SH. MH melalui Kasubbag Kepegawaian Drs. Muhammad bahwa kebijakan memberlakukan absensi secara manual dan elektronik (pinger scanning) adalah keharusan sebagai dasar untuk pembayaran tunjangan kinerja / remunerasi. Ditambahkannya lagi, bagi pegawai dan hakim yang terlambat masuk atau pulang sebelum waktunya dibayarkan tunjangan kinerja dengan perhitungan dikurangi 1 % (satu perseratus) dan bagi yang tidak masuk bekerja dikurangi 5 % (lima per seratus) sebagaimana diatur pada Pasal 19 SK Ketua Mahkamah Agung tersebut.

Sementara itu, menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : PERMA/87/M.PAN/8/2005 tanggal 10 Agustus 2005 Tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan dan Disiplin Kerja menyebutkan, Absensi presentasi  kehadiran menggunakan sistem absensi elektronik dan on line ke jaringan sistem informasi /elektronik perkantoran. “Oleh sebab itu, absensi yang kita terapkan adalah melalui sistim manual dan elektronik (finger scanning)” kata Muhammad.

Kasubbag Kepegawaian Drs. Muhammad dalam penjelasannya kepada Redaktur IT bahwa, pembayaran tunjangan kinerja (remunerasi) yang sekarang ini diterima 70 % didasarkan kepada absensi elektronik. Apabila ada pegawai atau hakim yang terlambat datang atau cepat pulang atau tidak masuk sama sekali, maka tunjangan kinerja yang diterimanya akan dipotong sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  Ditambahkannya lagi, pernah suatu ketika Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Drs. H. Idris Mahmudi, SH. MH terlambat datang 1 (satu) menit oleh karena kebetulan sedang terjadi kemacetan di jalan menuju kantor, maka tunjangan kinerja beliau dikenakan pemotongan sebagaimana ketentuan dan Ketua pun menerima ketentuan tersebut dengan ikhlas.

Dalam rangka tertibnya absensi masuk dan pulang kerja telah ditunjuk seorang petugas yang menangani absen, yaitu Herlina staf Subbag Kepegawaian. Dialah yang merekap absensi setiap bulannya sesuai kehadiran pegawai dan hakim berdasarkan finger scanning. Dan hasil rekap tersebut selanjutnya diserahkan kepada pengelola remunerasi pada Subbag Keuangan, yaitu Yosi Dirola, SE. “Sesuai dengan data dalam rekap absensi setiap bulan, lalu diajukanlah permintaan pembayaran remunerasi ke Mahkamah Agung RI, jelas Panitera/Sekretaris Drs. H. Syamsikar melalui Kasubbag Keuangan Ansharullah, SH. MH. Ditambahkannya lagi, dengan penerapan absensi secara finger scanning seperti yang sudah dilakukan selama ini berarti Mahkamah Syar’iyah Aceh telah melakukan reformasi birokrasi dalam hal kehadiran pegawai dan hakim. Dan dengan demikian, semoga saja tunjangan kinerja / remunerasi yang diterima selama ini sebesar 70 % akan dapat menjadi 100 % pada tahun 2012 ini, harapnya yang diamini oleh Redaktur IT. (By. H. Abd. Hamid Pulungan).

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019