Print this page
17 Okt

3 Orang Hakim Mahkamah Syar’iyah Ikut S.3 IAIN Banda Aceh | (17/10)

dari kiri kekanan Drs. Indra Suhardi, M. Ag, Wakil Ketua MS Idi, M. Syauqi, S. HI., SH., MH, Hakim MS Meureudu. dan Drs. H. Rokhmadi, M. Hum, Hakim MS Banda Aceh

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa MS Aceh menjalin kerja sama dengan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam bidang penyelenggaraan pendidikan S.3 bagi Hakim dan pegawai dalam lingkungan MS Aceh.  Ada beberapa hal yang menjadi kemudahan dalam kerja sama tersebut, antara lain perkuliahan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu sehingga tidak mengganggu kerja.

Setelah melalui seleksi ujian masuk yang dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2013, alhamdulillah semua peserta ujian dinyatakan lulus. Mahasiswa yang ikut S.3 pada program ini sebanyak 6 (enam) orang yaitu 3 orang dari Hakim Mahkamah Syar’iyah, 1 orang Kepala KUA dan 2 orang dari dosen.

Ketiga orang Hakim yang menjadi mahasiswa S.3 tersebut adalah Drs. Indra Suhardi, M. Ag, Wakil Ketua MS Idi, Drs. H. Rokhmadi, M. Hum, Hakim MS Banda Aceh dan M. Syauqi, S. HI., SH., MH, Hakim MS Meureudu.

Menurut penjelasan Indra Suhardi, bahwa perkuliahan akan dilaksanakan mulai hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2013 di Kampus IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. “Hal itu sesuai dengan hasil kerja sama bahwa perkuliahan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu,” ujarnya dengan bangga. Indra Suhardi  bertekad akan mengikuti perkuliahan dengan baik sekalipun tempat tugasnya jauh dari Banda Aceh. Hal ini didorong oleh kesadaran untuk meningkatkan ilmu pengetahuan sesuai dengan anjuran dan saran dari Ketua MS Aceh Dr. H. Idris Mahmudy, SH., MH. “Saya harapkan Hakim dan pegawai dalam lingkungan MS Aceh supaya ikut S.3,” kata Indra mengutip saran Ketua MS Aceh dalam beberapa kesempatan.

Untuk mengikuti perkuliahan, Indra harus bolak balik antara Idi – Banda Aceh setiap minggu yang menempuh jarak lebih kurang 7 jam perjalanan. Namun demikian, Indra merasa hal tersebut tidak menjadi masalah oleh karena keluarganya bertempat tinggal di Banda Aceh tepatnya di perumahan Arab Lambaro, Aceh Besar. “Ikut S.3 sekaligus mengunjungi keluarga di Banda Aceh,” ujarnya dengan senyum.

Sementara itu, H. Rokhmadi mengatakan akan berusaha agar kuliahnya dapat diselesaikan tepat waktu. Menurutnya, mengikuti S.3 sangat berat karena harus membuat makalah setiap mata kuliah dan mempresentasikannya di depan dosen yang terdiri dari profesor. Namun demikian H. Rokhmadi optimis dapat mengikuti kuliah dengan baik dengan berpedoman kepada pepatah yang mengatakan, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan dapat. “Kalau kita bersungguh-sungguh Insya Allah akan dapat,” kata H. Rokhmadi kepada redaktur website pada waktu main tenis beberapa waktu yang lalu.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh H. Rokhmadi, M. Syauqi juga akan berjuang keras agar perkuliahannya dapat diselesaikan dengan baik. M. Syauqi sadar bahwa kuliah S.3 berbeda dengan kuliah S.1 dan S.2. Apalagi pada saat menyusun disertasi harus penuh konsentrasi dan kerja keras agar tidak terbengkalai. “Saya optimis dapat menyelesaikan S.3 ini,” kata M. Syauqi yang merupakan lulusan S.2 Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Selamat mengkuti pendidikan S.3 pada IAIN Ar-Raniry Banda Aceh semoga dapat menyelesaikannya dengan sukses. Kepada Hakim dan pegawai lainnya semoga hal ini menjadi pemicu untuk ikut kuliah S.3 pada masa yang akan datang.

(AHP)

Rate this item
(0 votes)