msaceh

20 Agu

Upacara HUT. Mahkamah Agung RI ke-70 di Halaman Mahkamah Syar’iyah Aceh | (20/8)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Hari ini Rabu tanggal 19 Agustus 2015, seluruh aparatur Mahkamah Agung RI dan jajarannya diseluruh pelosok tanah air memperingati Hari Jadi Mahkamah Agung RI  ke-70 atau dua hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, terhitung tanggal pengangkatan Ketua Mahkamah Agung RI pertama Mr. Dr. RSE Koesoemah Atmaja sebagai Ketua Mahkamah Agung oleh Presiden RI Ir. Soekarno.

Hari jadi atau HUT. ke-70 Mahkamah Agung RI. diperingati hanya berselang waktu 2 hari setelah peringatan ke-70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia,  tanggal 19 Agustus 2015 yang bertepatan dengan tanggal 4  Dzulkaidah 1436 H. pada pukul 08.00. WIB. dengan mengambil tempat di halaman Gedung Mahkamah Syar’iyah Aceh dilaksanakan upacara bendera dengan rasa khidmat dan bersahaja.  Pelaksanaan ini bukanlah hanya serimonial belaka, namun peringatan ini adalah untuk mengingat kembali tonggak “keadilan dan kepastian hukum”  telah ditegakan di bumi persada Indonesia. 

Upacara bendera dengan penuh rasa khidmat dan bersahaja ini dalam rangka memperingati hari jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia ke 70 pelaksanaannya dipusatkan di halaman kantor Mahkamah Syar'iyah Aceh dengan dihadiri seluruh unsur pimpinan, hakim, panitera dan pegawai dari empat lingkungan peradilan yang ada di Banda Aceh. Prosesi upacara bendera semenjak dari gladi kotor, gladi bersih dan komandan upacara ditangani sepenuhnya oleh Pengadilan Militer Banda Aceh.  Selain hadir unsur pimpinan, hakim, para Pejabat Kepaniteraan dan Struktural,  PNS dalam upacara ini juga dihadiri tenaga honorer pada 4 lingkungan Peradilan yang ada di Banda Aceh, yang seluruhnya berjumlah lebih kurang 300 orang. Peringatan HUT. Mahkamah Agung RI ke-70 bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Ketua Pengadilan Tinggi/Tipikor Banda Aceh dan dalam amanatnya membacakan pidato tertulis dari Ketua Mahkamah Agung RI dengan Tema “Meningkatkan Kepercayaan Publik Melalui Independensi Lembaga Peradilan”.  Upacara ini berlangsung dengan rasa khidmat yang dikomandani oleh Awan Karunia Sanjaya, S.H. (Kapten Laut). dengan tim penggerek bendera dari Dilmil 01 Aceh.

Dalam peringatan ini pula semangat kerja dan peningkatan kinerja, tanpa memihak dan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat selalu diutamakan dan hal ini sesuai dengan motto “Ayo Kerja” untuk kesejahteraan bangsa.

Untuk mengambil keberkahan dan keselamatan dalam upacara ini, diakhiri dengan pembacaan do’a dipimpin oleh Drs. H. Rafi’uddin, M.H. yang merupakan salah seorang Hakim Tinggi Mahkamah Syar’iyah Aceh tersebut.

Pada kesempatan yang lain setelah upacara selesai; Dalam Rangka hari Jadi Mahkamah Agung RI ke- 70, di Aula Lantai III Mahkamah Syar’iyah Aceh, Ketua, Wakil Ketua, para Hakim Tinggi, Panitera/Sekretaris dan segenap aparatur Mahkamah Syar'iyah Aceh menyelenggarakan Bakti Sosial, menyerahkan bantuan kepada anak Purna Bakti dan anak ASN P3K Mahkamah Syar’iyah Aceh.  Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh, Drs. H. Jufri Ghalib, S.H., M.H. menyampaikan bantuan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas segala perjuangan dari para pendahulu dan kita melanjutkan perjuangan ini dengan menegakan Syariat Islam di Bumi Serambi Mekah yang telah menjadi tugas pokok dan fungsi kita di Mahkamah Syar’iyah ini.

Kepada seluruh warga Mahkamah Syar’iyah Aceh, Drs. H. Jufri Ghalib mengingatkan pentingnya kepercayaan masyarakat khususnya kepada Mahkamah Syar’iyah dan kepada seluruh jajaran Mahkamah Agung RI pada umumnya, sudah menjadi Sunnatullah bahwa kepercayaan dari semua orang adalah yang harus diperoleh dari sebuah proses panjang, namun harus disadari bahwa hal ini juga dapat hilang dalam waktu sekejap, oleh karena itu kita perlu menjaga bahwa kita adalah institusi yang bekerja atas dasar kepercayaan.  Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh juga menyampaikan pada seluruh aparatur agar terus bekerja dan bekerja, mengabdi yang terbaik pada bangsa dan Negara, tingkatkanlah kualitas moral, mental, perilaku, serta pengetahuan dan keterampilan sebagai bagian dari aparatur peradilan yang profesional dan berintegritas, sehingga pada akhirnya kita bukan hanya dikenal di Indonesia, namun juga mempunyai nama dan dikenal di luar negeri. Demikian Ketua Mahkamah Syar’iyah menutup pesan singkatnya dalam rangka menyambut HUT Mahkamah Agung RI ke-70. Amin Yarabbal’alamin.    (A.Latif - Tim Redaktur MS. Aceh).

Rate this item
(0 votes)
back to top
lapor.png maklumat_pelayanan.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019