msaceh

17 Okt

MS Aceh Laksanakan Penyembelihan Qurban | (17/10)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Pada hari Rabu tanggal 16 Oktober 2013 atau satu hari setelah Idul Adha 1434 H MS Aceh melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 3 ekor lembu atau sama dengan tahun lalu. Penyembelihan tersebut dilaksanakan di halaman belakang MS Aceh yang dimulai pagi hari dengan cara gotong royong dan dibantu oleh tenaga dari luar yang sudah biasa menyembelih hewan. Suasana penyembelihan dihadiri oleh Wakil Ketua Drs. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH dan sebagian peserta qurban serta pegawai lainnya.

Menurut keterangan Ketua Panitia Qurban Drs. Muhammad Yusuf, SH bahwa kupon yang dibagikan sebanyak 155 lembar menurun apabila dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 175 lembar. “Hewan qurban kali ini lebih kurus dari tahun lalu,” kata M. Yusuf memberikan alasan penurunan kupon tersebut.

Peserta qurban adalah hakim dan pegawai MS Aceh. Cara yang ditempuh selama ini dalam mengumpulkan biaya qurban adalah dengan mencicilnya setiap bulan selama 10 bulan, dengan demikian tidak terasa biaya untuk berqurban telah terhimpun dan apabila ternyata biayanya masih kurang hanya menambah kekurangannya saja. “Kita himpun dananya setiap bulan sejak Januari sampai Oktober 2013 ini dengan cara mencicilnya,” kata M. Yusuf yang juga adalah Wakil Panitera ini. Dijelaskannya lebih lanjut bahwa peserta qurban untuk tahun yang akan datang sudah banyak yang mendaftar termasuk di dalamnya Hakim Tinggi yang baru mutasi pindah ke MS Aceh. “Semoga saja peserta qurban tahun depan lebih banyak lagi,” ujarnya berharap.

Suasana kebersamaan nampak terasa dalam penyembelihan qurban ini, semuanya larut dalam tugas masing-masing. Salah seorang pegawai Bahrun, SH yang ikut bekerja menguliti dan memotong-motong daging qurban nampak cekatan mengerjakan tugasnya. Rupanya teman kita yang pandai main tenis ini sudah terbiasa mengerjakan seperti itu. Apabila ada hajatan di kampungnya dan ada penyembelihan hewan, ia selalu terlibat di dalamnya. “Ini adalah dalam bentuk kebersamaan,” tuturnya sambil memotong daging qurban.

Lain halnya dengan Wakil Sekretaris PTA Medan Khairuddin, SH yang menjadi peserta qurban di MS Aceh. Menurutnya ia telah menjadi peserta qurban sewaktu masih menjabat Wasek MS Aceh dan biayanya tepat dicicilnya setiap bulan sekalipun sudah pindah ke PTA Medan. “Sebelum saya pindah ke PTA Medan, saya sudah menjadi peserta qurban disini,” ujarnya yang dilantik menjadi Wasek PTA Medan pada bulan Juli 2013 yang lalu.

Sekitar pukul 11.30 Wib, daging qurban telah selesai dipotong-potong lalu dimasukkan dalam kantong plastik beratnya sekitar 2 kg yang terdiri dari daging dan tulang. Bagi setiap peserta qurban mendapat 3 kupon sedangkan pegawai yang tidak ikut qurban mendapat 1 kupon. “Syukur alhamdulillah dapat daging qurban,” ujar H. Helmi Daud sambil menenteng daging qurban yang baru saja diterimanya.

Semoga ibadah qurban yang kita laksanakan ini diterima oleh Allah Swt dan sebagai wujud kepedulian kita untuk berbagi kepada sesama.

(AHP)

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019