msaceh

18 Apr

Mencari Hakim Pengadilan Agama Yang Ideal |(18/04)

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Memasuki hari kedua kegiatan Bimbingan Teknis Kompetensi Hakim Peradilan Agama Angkatan III Tahun 2012  di hotel Sultan Banda Aceh tampil sebagai pemateri adalah Yang Mulia Hakim Agung Prof. H. Abdul Manan. Dalam makalahnya yang berjudul MENCARI HAKIM PENGADILAN AGAMA YANG IDEAL, Yang Mulia Prof. Abdu Manan menjelaskan tugas dan peranan hakim ada 3 (tiga) yaitu (1). Hakim sebagai penegak keadilan. (2). Hakim sebagai penegak hukum. (3). Hakim sebagai pencipta hukum. Dijabarkan beliau lebih lanjut, bahwa hakim sebagai penegak keadilan harus menguasai peraturan perundang-undangan dan menerapkannya dalam pemeriksaan perkara, baik dalam proses perkara maupun dalam membuat putusan. Dan, dalam proses pemeriksaan serta menjatuhkan putusan disamping berdasarkan pada hukum yang berlaku, juga berdasarkan atas  keyakinan yang seadil-adilnya dan sejujur-jujurnya dan harus memakai hati nurani. Dengan demikian putusan hakim tersebut akan bermanfaat dan berkeadilan, kata Prof. Abdul Manan.

Sedangkan tentang hakim sebagai penegak hukum, Prof. Abdul Manan menjelaskan bahwa hakim dalam menjatuhkan putusan tidak boleh terikat pada bunyi Undang-Undang semata, tetapi harus mempu menciptakan hukum melalui putusan-putusannya. Disamping itu katanya lebih lanjut, hakim tidak saja menjaga ketertiban, melainkan juga berfungsi sebagai pengawas Undang-Undang dan juga berfungsi sebagai paedagogis terhadap pihak-pihak yang bersengketa, termasuk masyarakatnya itu sendiri. Adapun hakim sebagai pencipta hukum Prof. Abdul Manan menjelaskan, hakim menjamin peraturan perundang-undangan diterapkan dengan benar dan adil. Selain itu, hakim sebagai dinamisator peraturan perundang-undangan dengan cara menggunakan metode penafsiran dan kontruksi dan berbagai pertimbangan sosio kultural berkewajiban menghidupkan peraturan perundang-undangan untuk memenuhi kebutuhan nyata masyarakat.

Hakim juga melakukan koreksi terhadap kemungkinan kekeliruan atau kekosongan hukum, hakim wajib menemukan hukum dan menciptakan hukum untuk mengisi hukum tersebut serta hakim melakukan penghalusan terhadap peraturan perundang-undangan, kata Prof. Abdul Manan.

Ketika Prof. Abdul Manan menanyakan kepada peserta setentang pengertian fakta, Hakim Tinggi Asri Damsy yang berasal dari Mahkamah Syar’iyah Aceh dapat menjelaskannya dengan baik, yaitu peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi, sedang terjadi dan yang akan terjadi yang berstruktur dan terikat dengan ruang dan waktu. Atas penjelasan Hakim Tinggi kita ini, Prof. Abdul Manan membenarkannya dan menyatakan bahwa Asri Damsy adalah mantan Panitera di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu sewaktu Prof. Abdul Manan menjadi Ketuanya.

Menurut Prof. Abdul Manan, hakim harus mencari fakta sebanyak-banyaknya dalam persidangan, oleh karena itu hakim harus dengan sopan dan santun memperlakukan para pihak dan jangan ada hakim yang marah-marah maupun mengucapkan kata-kata yang tidak pantas. Hakim harus seimbang kepada para pihak. “Apabila hakim senyum kepada Penggugat selama 1 (satu) menit, maka ia harus senyum juga 1 (satu) menit kepada Tergugat”, kara Prof. Abdul Manan mencotohkannya.  

Menurut penjelasan moderator Drs. H. Mardiana Muzhaffar, SH. MH, bahwa setelah Prof. Abdul Manan selesai memberikan materi, maka pada siang harinya akan dilanjutkan dengan bedah berkas. Hal ini dimaksudkan agar peserta dapat mengaplikasikan materi yang telah disampaikan dan untuk mengasah ketajaman analisa peserta dalam memeriksa berkas. Diharapkan dari bedah berkas tersebut, peserta dapat menemukan kesalahan-kesalahan dan mengemukakan pendapat bagaimana seharusnya pemeriksaan perkara tersebut maupun dalam membuat putusan yang baik dan benar.

(H. Abd. Hamid Pulungan)

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019