msaceh

23 Feb

Ketua MS Bireuen Mengikuti Kegiatan LapTah MA 2020

ms-bireuen.go.id | Rabu [17/2/2021] Ketua Mahkamah Syar'iyah Bapak Alwin,S.Ag.,M.H. dan Sekretaris mengikuti acara Sidang Pleno Istimewa dengan Agenda Tunggal Laporan Tahunan Mahkamah Agung tahun 2020 yang diselenggarakan di Gedung Mahkamah Agung RI dan dihadiri oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo & Wakil Presiden RI Bapak Kyai Haji Ma'ruf Amin, serta diikuti oleh seluruh jajaran Pimpinan Pengadilan pada 4 lingkungan Peradilan di bawah Mahkamah Agung RI secara Virtual melalui Zoom Meeting.

Dalam kesempatan tersebut, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung, Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., menyampaikan Laporan Tahunan MA 2020 dengan tema "Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan". Dalam pidatonya, Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan bahwa tema tersebut mengisyaratkan bahwa konsep peradilan modern tidak cukup hanya dengan menyiapkan regulasi dan membangun perangkat-perangkat teknologi melainkan harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan para pencari keadilan.

Tujuan utama dibangunnya sistem peradilan modern adalah untuk mempercepat proses penyelesaian perkara dan memberikan kemudahan bagi para pencari keadilan dalam menyelesaikan perkaranya. Dengan sistem peradilan elektronik para pihak dapat mengikuti proses peradilan dari mana saja tanpa harus mengorbankan waktu produktifnya hanya untuk datang langsung ke pengadilan. Selain itu durasi yang dibutuhkan dalam proses penyelesaian sengketa dapat lebih cepat dan terukur karena semua tahapan dalam proses berperkara telah terjadwal pada sistem perangkat yang terintegrasi.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung mengenai Capaian kinerja Mahkamah Agung di bidang Teknis Yudisial Gambaran penanganan perkara secara umum pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya, Kinerja penanganan perkara pengadilan tingkat pertama, Kinerja penanganan perkara melalui sistem peradilan elektronik (e-Court) dan Capaian kinerja Mahkamah Agung di bidang Kesekretariatan.

Rate this item
(0 votes)
back to top
Waka_MA.jpg YM_KMA.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019