Rapat Rutin Bulan April MS Blangkejeren 

(0651) 7555976

Senin, 16 April 2018 11:02

Rapat Rutin Bulan April MS Blangkejeren

Rate this item
(0 votes)

Blangkejeren l 13.04.18

Aparatur Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren mulai memasuki ruang Sidang Utama sekitar pukul 08.55 WIB, sebagaimana pengumuman yang telah disampaikan sehari sebelumnya via WAG MSBKJ bahwa diagendakan pada Jumat pagi (13/04/18) sekitar pukul 09.00 WIB untuk kegiatan Rapat Rutin Bulanan. Sebelumnya beberapa aparatur melaksanakan kegiatan rutinitas sebagaimana biasanya hari Jumat seperti pertandingan lokal tenis meja, bersih-bersih ruangan kerja masing-masing dan persiapan untuk rapat lainnya.

Sebagaimana biasanya, rapat tersebut dibuka dan diawali oleh Sekretaris MS Blangkejeren, Lukman, AR, SH, tepat pukul 09.00 WIB. Disampaikan bahwa rapat ini akan menjadi agenda tetap, setiap Jumat minggu kedua akan dilaksanakan rapat rutin bulanan untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tupoksi Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren. Forum rapat selanjutnya diserahkan kepada Ketua, Fakhrurrazi, S.Ag., beliau juga menegaskan kembali apa yang telah disampaikan oleh Sekretaris, bahwa pelaksanaan rapat ini sangat penting, meskipun agenda yang dibahas tidak terlalu berat, namun sebuah kebiasaan akan melahirkan kinerja yang baik dan berkualitas serta menambah erat hubungan silaturrahim antar aparatur. Ketua juga kembali menekankan bahwa rapat ini akan berjalan dalam dua arah, porsi dari peserta rapat harus lebih besar dibandingkan pemimpin rapat.

Secara umum Ketua memberikan tekanan penting terhadap kedisiplinan, perencanaan kegiatan, dan Job Description PPNPN. Penyampaian dari ketua tersebut dilanjutkan dengan beberapa penjelasan tambahan oleh Panitera dan Sekretaris. Peserta rapat setelahnya diberikan kesempatan untuk menanggapi poin-poin yang disampaikan oleh para pimpinan dalam sesi diskusi, kegiatan yang berlangsung hampir 3 jam ini diakhiri pada pukul 11.30 WIB dengan penyampaian kesimpulan oleh Sekretaris.

Adapun beberapa hal yang dibahas dalam rapat rutin tersebut adalah :

  1. Peningkatan Kedispilinan.

Selama sebulan lalu terhitung dari minggu kedua maret hingga minggu kedua april, ketua menilai bahwa kedisiplinan aparatur saat ini dalam kategori baik, hal ini terlihat dari disiplinnya para aparatur dalam menepati jam masuk dan pulang kantor. Namun, masih ada sedikit kelonggaran dalam jam istirahat siang, hal ini agar diperbaiki dalam waktu mendatang.

  1. Perencanaan Kegiatan 2018.

Berkas perencanaan kegiatan yang disusun sementara oleh bagian perencaaan dibahas dan sepakati bersama dalam rangka mendukung tupoksi Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren. Pelaksanaan Sidang keliling dan penerimaan perkara prodeo akan kembali dilaksanakan setelah keluarnya izin sidang dengan Hakim Tunggal, terkait jadwal pelaksanaannya akan dibicarakan dalam rapat terbatas kepaniteraan. Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan bidang kesekretariatan dilaksanakan sebagaimana perencanaan yang telah ada.

  1. Job Description

Pembagian tugas dan pelaksanaan Kinerja dari PPNPN akan ditinjau kembali terkait beberapa perkembangan seperti pelatihan Satpam dan jadwal petugas jaga malam. Hal lainnya terkait temuan lapangan Ketua ketika inspeksi mengenai tugas keseharian PPNPN yang tidak dapat dijabarkan dengan baik. Kedua hal tersebut menjadi pertimbangan untuk me-refresh kinerja PPNPN untuk kinerja yang maksimal.

  1. Ekspose Proyek Diklat CPNS/Cakim dan Laporan SUKAJI Pelayanan Publik.

CPNS/Cakim akan menyampaikan perihal proyek Diklat yang telah diembankan dan dirancang sebelumnya. CPNS/Cakim menyampaikan alur cerita proses adanya proyek Diklat tersebut, selain itu disampaikan juga proyeknya berupa Optimalisasi Ruang Tunggu dan Optimalisasi Ruang Mediasi. Sedangkan mengenai SAPM, beberapa pendapat menyebutkan bahwa SAPM tidak berpatokan pada sarana dan prasarana, namun dalam rapat terakhir dan revisi modul SAPM di awal 2018 disampaikan bahwa sarana prasarana menjadi bahan penilaian. Namun demikian, semestinya ruh dari SAPM  berupa kualitas pelayanan dapat dilaksanakan pada seluruh satker tanpa harus disertifikasi.

[fadhilfathan]

Read 26 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.